BERITA

Ini Waktu Terbaik Minum Kopi

Ini Waktu Terbaik Minum Kopi

KBR - Sebuah penelitian menemukan 65 persen orang Amerika minum kopi setiap hari dan lebih dari 85 persen minum kopi secara teratur. Demikian dikutip dari laman Reuters.

Orang-orang yang disurvei itu beranggapan, minum kopi mampu meningkatkan fungsi tubuh. Tapi rupanya, ada waktu tertentu minum kopi untuk bisa merasakan hasil terbaik.

Seorang ahli diet dan penulis "Diet Jam Kesehatan Tubuh Wanita", Laura Cipullo mengungkapkan, meminum kopi segera setelah bangun tidur dapat menyebabkan kegugupan dan membuat kita merasa terlalu aktif.

Ketika pertama kali bangun, tubuh dipenuhi hormon kortisol--yang bisa membuat kita merasa cemas. Meminum kopi pada saat tersebut bisa meningkatkan respons ini. Hal tersebut juga dapat membuat kita merasa lelah dan lamban sepanjang hari.

"Minum kopi ketika tubuh memproduksi lebih sedikit kortisol, sekitar tiga sampai empat jam setelah bangun tidur, antara jam 9 pagi dan 11 pagi," saran Cipullo.

Apapun kegiatan Anda, cobalah untuk tidak minum kopi pada malam hari. Karena kata dia, kafein dapat memengaruhi terjaga hingga enam jam. Meski, efek ini memuncak sekitar 30 hingga 60 menit setelah konsumsi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kopi menyimpan pelbagai manfaat bagi kesehatan. Di antaranya membuat hidup lebih panjang. Minum kopi sebagai bagian dari diet juga dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, dan demensia.

Namun, penting juga untuk meminum kopi secukupnya. Pasalnya, terlalu banyak kafein juga bisa mengakibatkan gejala kecemasan, iritabilitas, dan insomnia.



Editor: Nurika Manan

  • kopi
  • kafein
  • pola hidup sehat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!