Ini Fungsi Tangan'Mungil' T-rex

"Kami mungkin berspekulasi bahwa gerakan seperti itu (memutar lengan bawah dan tangan ke arah dada) dapat memungkinkan beberapa theropoda untuk membawa mangsa lebih dekat untuk digigit," tambah tim.

BERITA , INTERMEZZO

Senin, 22 Okt 2018 19:11 WIB

Author

Pricilia Indah Pratiwi

Ini Fungsi Tangan'Mungil' T-rex

Foto: Getty Images

KBR - Tyrannosaurus rex atau T-rex dikenal sebagai dinosaurus pemakan daging yang ganas. Namun T-rex sering diejek karena memiliki lengan yang mungil. Menjawab itu, sebuah penelitian menunjukan bahwa predator yang menakutkan itu dapat melakukan banyak hal menggunakan tangan mungil, yang tidak proporsional dengan badannya yang besar itu.

Para peneliti telah mengetahui bahwa T. rex dan kelompok pemakan daging lainnya, bisa menggerakan telapak tangan mereka ke dada mereka.

"Intinya, T-rex mungkin bisa memutar telapak tangannya ke dalam dan ke atas sedemikian rupa, sehingga telapak tangan akan menghadap ke dada ketika siku dilipat," jelas peneliti studi, Christopher Langel yang merupakan mahasiswa geologi, dan Matthew Bonnan, seorang profesor biologi dilansir dari Live Science. Keduanya dari Stockton University di New Jersey. 

"Kami mungkin berspekulasi bahwa gerakan seperti itu (memutar lengan bawah dan tangan ke arah dada) dapat memungkinkan beberapa theropoda untuk membawa mangsa lebih dekat untuk digigit," tambah tim. 

Untuk menghasilkan temuan itu, peneliti mempelajari gerakan lengan dua kerabat jauh T. rex, yaitu kalkun dan buaya Amerika, Alligator mississippiensis.

Pertama, para peneliti melekatkan setiap sayap dan lengan ke platform plexiglass antara dua perangkat yang menghasilkan film X-ray. Kemudian, para peneliti menggunakan kawat pancing untuk menarik siku masing-masing spesimen. Hal itu menyebabkan sayap dan lengan melipat.

"Pada manusia, ketika kita melenturkan siku kita, kedua tulang lengan mengikuti sendi engsel untuk melipat ke arah lengan atas. Sedangkan, pada buaya dan kalkun, sendi siku lebih kompleks, dan kedua tulang di lengan bawah tidak hanya berputar di sekitar sendi, tetapi juga menyamping ke tulang lengan atas ," kata para peneliti.

Informasi dari kerabat T-Rex yang masih hidup tersebut dapat membantu membentuk pemahaman yang lebih baik tentang cara T-rex bergerak dan berburu ketika mereka hidup jutaan tahun yang lalu. Para peneliti mempresentasikan penelitian pada pertemuan tahunan Society of Vertebrate Paleontology ke-78, Rabu (17/10/2018). Penelitian ini belum dipublikasikan dalam jurnal peer-review.



Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERMEZZO

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Polisi Didesak Ungkap Jaringan Perdagangan Orang dengan Modus Pernikahan

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14