Elon Musk Umumkan Jaringan Transportasi Bawah Tanah Loop Akan Dibuka Pada Desember

Teknologi ini tidak seperti kereta bawah tanah dan jumlah stasiun di seluruh kota tidak terbatas. "Ke depan, seseorang dapat memiliki lift di ruang bawah tanah setiap gedung kantor," kata Musk.

BERITA , INTERNASIONAL , INTERMEZZO

Selasa, 23 Okt 2018 10:20 WIB

Author

Pricilia Indah Pratiwi

Elon Musk Umumkan Jaringan Transportasi Bawah Tanah Loop  Akan Dibuka Pada Desember

Foto: Teslarati.com

KBR- Pendiri dan CEO The Boring Company, Elon Musk mengumumkan bahwa terowongan pertama untuk jaringan transportasi bawah tanah  di Los Angeles sudah hamipr selesai dan akan dibuka pada Desember mendatang.

"Terowongan pertama hampir selesai, buka 10 Desember," tulis Musk, yang juga pendiri perusahaan spaceflight swasta SpaceX, di twitter, Minggu (21/10/2018), dikutip dari Xinhua.

Dalam twitternya, Musk juga menyatakan, jaringan transportasi bawah tanah yang disebut Loop ini akan menawarkan fasilitas gratis untuk umum sehari setelah pembukaan.

"Loop adalah sistem transportasi umum bawah tanah berkecepatan tinggi. Penumpang diangkut dengan skate listrik otonom yang melaju dengan kecepatan 125-150 mil per jam (250 km perjam)," infrastruktur dan perusahaan konstruksi terowongan mengatakan di situs webnya.

"Skate listrik akan membawa antara 8 hingga 16 penumpang (angkutan massal), atau satu kendaraan penumpang tunggal."

Dikutip dari Independent, masih belum jelas apakah terowongan ini akan menjadi awal dari jaringan bawah tanah LA atau apakah hanya akan digunakan untuk pengujian.

Dalam situs web, perusahaan menjelaskan bahwa teknologi ini tidak seperti kereta bawah tanah dan jumlah stasiun di seluruh kota tidak terbatas.

"Tidak ada batas atas praktis untuk jumlah stasiun yang dapat dibangun di sepanjang rute terowongan, karena stasiun dapat sekecil tempat parkir tunggal," situs web perusahaan menjelaskan, dikutip dari Independent.

"Ke depan, seseorang dapat memiliki lift di ruang bawah tanah setiap gedung kantor, memungkinkan perjalanan yang sangat nyaman," kata Musk.

Musk pertama kali mengumumkan rencana untuk membangun terowongan ke kantor SpaceX-nya di Los Angeles pada Desember 2016, setelah ia terjebak macet.

"Lalu lintas membuat saya gila. Saya akan membangun mesin terowongan dan mulai menggali," tulisnya di Twitter.

Editor: Rony Sitanggang 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERMEZZO

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.