Share This

Penjualan Komputer Anjlok, Kalah Bersaing dengan Tablet

KBR68H

INTERMEZZO

Kamis, 10 Okt 2013 09:47 WIB

penjualan komputer, tablet, telepon pintar

KBR68H – Penjualan komputer memperlihatkan grafik yang terus menurun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan perusahaan Gartner, penjualan komputer di seluruh dunia dalam tiga bulan terakhir hingga September lalu anjlok 8,6 persen dibandingkan tahun lalu.

Total Personal Computer (PC) yang dijual selama Juli hingga September sebanyak 80,3 juta unit. Dalam enam kuartal beruntun, penjualan komputer terus turun. Popularitas tablet dan juga telepon pintar membuat konsumen mulai meninggalkan komputer. Penyebab lain adalah turunnya harga jual tablet yang memberikan dampak besar terhadap penjualan komputer.

“Konsumen mulai beralih dari PC ke tablet dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tren ini juga terjadi di negara berkembang,”kata Mikako Kitagawa, analis di Gartner.

Kata Kitagawa, tablet Android yang dijual dengan harga tidak terlalu mahal menarik minat konsumen di negara berkembang. Penelitian yang dilakukan IDC juga menunjukkan hal yang sama yaitu penjualan PC turun 7,6 persen menjadi 81,6 juta. Gartner dan IDC menggunakan metode yang berbeda dalam menghitung penjualan komputer di seluruh dunia.

IDC menilai, penurunan penjualan komputer akan terus berlanjut hingga tahun depan. Perekonomian sejumlah negara yang masih lemah dan juga semakin selektifnya konsumen dalam membeli perangkat teknologi akan mempengaruhi penjualan komputer. (BBC)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.