Share This

Google Perbarui Fitur Pencarian Mirip Instagram

Mesin pencari Google akan menyediakan cara agar pengguna dapat mendapat informasi dan tanpa harus memasukan kata kunci setiap kali ingin melakukan penelusuran.

BERITA , INTERMEZZO

Selasa, 25 Sep 2018 15:11 WIB

Author

Angelina Legowo

Google Perbarui Fitur Pencarian Mirip Instagram

Tampilan baru Google. (Foto: GSMarena.com)

KBR- Google mengumumkan perubahan yang akan diterapkan dalam mesin pencarinya di versi mobile. Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Presiden Pencarian Google Ben Gomes di sebuah acara di San Francisco, pada Senin (24/09/2018) waktu setempat. Perubahan ini bertujuan agar mesin pencari lebih menarik dan intuitif. Mesin bahkan   dapat menawarkan informasi yang relevan sebelum diminta.

Dilansir dari CNET, fitur yang sebelumnya bernama News Feed akan berganti nama menjadi Discover, dan akan muncul di homepage Google. Fitur ini akan membantu orang-orang melakukan pencarian jangka panjang, seperti merencanakan perjalanan, mencari saran kesehatan dan membuat pilihan pekerjaan. Hal-hal yang berbeda dapat ditelusuri hanya dengan satu permintaan pencarian.

Gomes mengakui, sistem pencarian memang tidak sempurna. Namun, dengan menggabungkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, Google akan mengembangkan fitur untuk mengelola informasi dari seluruh dunia dan membuatnya dapat diakses secara lebih personal dan lebih mudah.

"Anda bisa memegang komitmen kami, bahwa kami akan membuatnya (pencarian) lebih baik setiap hari,” ungkap Gomes, seperti dikutip CNET.

Gomes menggambarkan perubahan terbaru ini sebagai pergeseran dari ‘jawaban’ ke ‘perjalanan’. Mesin pencari Google akan menyediakan cara agar pengguna dapat mendapat informasi dan tanpa harus memasukan kata kunci setiap kali melakukan pencarian.

Fitur Activity Cards juga ditambahkan, dan memungkinkan pengguna untuk memulai penelusuran dari topik pencarian terakhir atau yang pernah dicari sebelumnya, baik yang sudah disimpan dalam Collection ataupun belum. Pengguna tidak perlu lagi melakukan pencarian dari awal. Selain itu, fitur ini juga akan menampilkan penelusuran mengenai topik terkait ataupun saran konten lainnya.

Dengan algoritma baru, Google Images juga akan semakin ramah pengguna, dan terlihat lebih apik dengan tampilan baru. Dengan fitur Google Lens di dalamnya, memungkinkan orang menemukan informasi lebih lanjut tentang objek tertentu yang terdapat di foto. Misalnya, ketika orang melihat gambar perhiasan di pencarian gambar, ia dapat langsung mengetuk objek tersebut dan melihat informasi pembelian atau ulasan terkait.

Google juga akan mengembangkan fitur Stories untuk pencarian, yang mirip dengan fitur yang ada di Instagram dan Snapchat. Google akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk membuat Stories tentang orang-orang terkemuka di pencarian Google, dengan fakta dan informasi terkait tentang mereka.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.