Share This

'Cincin Ajaib' Ini Membantu Tunanetra Bisa Membaca

KBR - Para ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology tengah mengembangkan sebuah perangkat audio yang dapat membantu orang yang penglihatannya terganggu untuk membaca. Alat ini dibuat seperti cincin.

INTERMEZZO

Jumat, 11 Jul 2014 15:00 WIB

Author

Meljun Andari Sumonegoro

'Cincin Ajaib' Ini Membantu Tunanetra Bisa Membaca

FingerReader

KBR - Para ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology tengah mengembangkan sebuah perangkat audio yang dapat membantu orang yang penglihatannya terganggu untuk membaca. Alat ini dibuat seperti cincin.

Alat tersebut dinamakan FingerReader. Sesuai namanya, alat ini dikenakan di jari telunjuk sehingga mereka bisa mendapat akses langsung ke kata-kata yang tercetak.

Contoh produk FingerReader dilengkapi dengan kamera kecil dan mengeluarkan suara buatan ketika membaca. FingerReader dengan cepat menerjemahkan buku-buku, menu restoran dan materi lain yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Roy Shilkrot, salah satu pengembang perangkat di MIT Media Lab, mengatakan membaca menggunakan FingerReader semudah menunjuk jari pada teks.

"Software khusus melacak gerakan jari, mengidentifikasi kata-kata dan memproses informasi. Perangkat ini memiliki getaran motor yang mengingatkan pembaca ketika mereka menyimpang dari teks," jelasnya seperti dilansir AP.

Kesaksian diucapkan oleh Jerry Berrier. Dia buta sejak lahir 62 tahun silam. Dia mengaku FingerReader memudahkan dirinya untuk membaca buku.

"Ketika saya pergi ke rumah sakit, mungkin ada formulir dan lembar yang ingin saya baca sebelum saya menandatanganinya," ujar Berrier.

FingerReader dapat membaca koran, buku, majalah, surat kabar, layar komputer dan perangkat lain. Tetapi masih memiliki masalah dengan teks pada layar karena sentuhan pada layar akan memindahkan teks sehingga menghasilkan bacaan yang tidak sesuai.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.