Share This

Yunani dan Jejak Awal Peradaban Barat

Para sejarawan menyebut, di negeri inilah peradaban Barat dimulai. Bahkan kata history atau sejarah, sangat mungkin berasal dari negeri ini melalui tangan Herodotos yang melahirkan karya berjudul Historia. Herodotos, yang ditahbiskan sebagai "bapak sejara

INTERMEZZO

Rabu, 23 Jan 2013 17:01 WIB

Author

Heru Hendratmoko

Yunani dan Jejak Awal Peradaban Barat

Yunani, Athena, Sparta, Acropolis

Para sejarawan menyebut, di negeri inilah peradaban Barat dimulai. Bahkan kata history atau sejarah, sangat mungkin berasal dari negeri ini melalui tangan Herodotos yang melahirkan karya berjudul Historia. Herodotos, yang ditahbiskan sebagai "bapak sejarah" menulis Historia antara 450 SM sampai 420 SM. Karya monumentalnya ini mencakup tokoh-tokoh besar yang hidup pada satu abad sebelumnya.

Sebagai peletak dasar peradaban Eropa, negeri ini memang kaya dengan jejak sejarah yang menakjubkan mulai dari politik (demokrasi), sistem pendidikan, ilmu pengetahuan, filsafat, hingga seni dan teater. Ah, jangan dilupakan pula: alfabet!

Menelusuri Yunani adalah menapak jejak peradaban sebagian umat manusia di bumi. Tentang kebesaran Athena, dan perseteruannya dengan Sparta. Atau bukalah buku-buka klasik dan ensiklopedia tentang Yunani. Berapa dewa yang (pernah) hidup di sana?

Jadi, kenapa tak mencoba menginjak negeri yang terletak di ujung semenanjung Balkan ini?

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.