NASIONAL

Timnas U-23 Kalahkan Korsel, Begini Harapan Jokowi

"Jokowi melalui media sosialnya berharap  Timnas U-23 bisa melaju lebih tinggi lagi hingga babak berikutnya."

AUTHOR / Agus, Ardhi

Kualifikasi Piala Asia U-23
Selebrasi Timnas U-23 usai menang melawan Korsel, babak perempat final Piala Asia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/04/24). (Antara)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada tim sepakbola nasional U23. Timnas lolos ke semifinal Piala AFC U23 tahun 2024, setelah mengalahkan tim kuat Korea Selatan. 

Melalui akun Instagram resminya, Presiden Jokowi mengatakan capaian timnas U23 itu luar biasa. Jokowi menyebut pertama kalinya Indonesia mencapai babak semifinal di kompetisi Piala AFC U23 dan itu sangat bersejarah.

Jokowi yakin skuad garuda muda asuhan Shin Tae-yong bisa melangkah lebih maju dan mengamankan tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

Sementara itu Wakil Presiden Maruf Amin berharap Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 bisa konsisten bermain bagus. 

“Kalau bermainnya seperti itu dan konsisten, percaya diri, penuh semangat, pantang menyerah itu bisa mengalahkan Korea, ternyata terbukti. Saya kira itu kita syukuri dan kita harapkan terus konsisten,” ujarnya dipantau dari kanal Youtue Wakil Presiden Republik Indonesia, Jumat (26//4/2024).

Menurut dia, permainan yang ciamik itu perlu dijaga guna mengalahkan lawan selanjutnya. Adapun yang menjadi lawan Indonesia di babak semifinal masih menunggu siapa yang menang dalam laga Uzbekistan versus Arab Saudi yang bertanding pada Jumat (26/4).

“Memang di masa-masa yang lalu kita selalu dikalahkan oleh tim Saudi tetapi kalau kita mainnya seperti kemarin terus dipertahankan nah ini tidak mustahil Saudi akan dikalahkan oleh timnas Indonesia,” katanya.

Menurut Maruf, kini timnas Indonesia selain memiliki permainan yang cukup bagus tetapi juga punya mental juara.

“Kita doakan saja mudah-mudahan di semifinal, garuda muda kita akan keluar sebagai pemenang dan nanti akan bertanding di final,” tuturnya.

Baca juga:

Sebelumnya Jumat (26/04) dini hari, Indonesia mengalahkan Korea Selatan di babak perempat final. Skuad asuhan Shin Tae-yong menang lewat drama adu penalti dengan agregat 11-10, usai bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Kemenangan ini membuat Indonesia memastikan diri lolos ke babak empat besar. Garuda Muda bakal menghadapi pemenang antara Uzbekistan dan Arab Saudi pada Senin pekan depan.

Jika mampu melaju ke final atau finis di peringkat ketiga, Indonesia otomatis lolos ke Olimpiade Paris 2024. Namun jika kalah di perebutan peringkat ketiga, Indonesia harus menjalani laga play-off untuk mendapat satu tiket ke Paris.

Editor:  Rony Sitanggang

  • Presiden Jokowi
  • #timnas
  • Timnas u-23
  • Indonesia vs Yordania

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!