Banyak Keluhan, Ombudsman RI Minta Pemerintah Evaluasi Polri

"Jangan-jangan, sumber daya manusia di internal kepolisian perlu pendidikan yang lebih khusus terkait profesionalisme dalam cara bertindak."

BERITA | NASIONAL

Selasa, 24 Des 2019 16:46 WIB

Author

Muthia Kusuma, Adi Ahdiat

Banyak Keluhan, Ombudsman RI Minta Pemerintah Evaluasi Polri

Ilustrasi: Anggota Polri melakukan penjagaan aksi demonstrasi di depan Gedung DPR. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta- Ombudsman RI meminta Menko Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD mengevaluasi kinerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Masalahnya, menurut laporan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), sepanjang 2019 pelaku utama kekerasan terhadap jurnalis berasal dari anggota Polri.

Polri juga menjadi lembaga penegak hukum yang paling banyak dilaporkan publik, karena dinilai sering menunda-nunda layanan serta menyalahgunakan wewenang.

"Saya kira peran Menko Polhukam penting untuk kemudian mulai melakukan evaluasi di internal kepolisian," kata Komisioner Ombudsman RI Ninik Rahayu kepada KBR, Selasa (24/12/2019).

"Jangan-jangan, sumber daya manusia di internal kepolisian perlu pendidikan yang lebih khusus terkait profesionalisme dalam cara bertindak," lanjutnya.

Selain soal profesionalisme aparat, Ninik menilai Polri perlu mengevaluasi penegakan hukum bagi anggotanya yang melakukan tindak kekerasan.

"Kepolisian dalam menjalankan tugasnya tidak dibolehkan melakukan tindakan kekerasan sesuai dengan UU Kepolisian dan peraturan terkait antipenyiksaan," tegas Ninik. 

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Menteri Nadiem Makarim Diminta Kaji Ulang Kebijakan Kampus Merdeka

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Naik, Apa Artinya?

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13