BERITA

Istilah MRT dan Kereta Ratangga Segera Dibakukan di KBBI

""Nama kendaraannya, atau nama keretanya adalah ratangga. Nama ratangga ini juga sebenarnya bukan datang dari Pak Gubernur secara pribadi. Ini proses koordinasi yang panjang dengan Badan Balai Bahasa.""

Istilah MRT dan Kereta Ratangga Segera Dibakukan di KBBI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengamati ujicoba kereta MRT. (Foto: jakarta.go.id)

KBR, Jakarta - Moda transportasi mass rapid transit (MRT) akan segera diserap resmi ke bahasa Indonesia dan dibakukan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Singkatan MRT akan dibakukan dengan kepanjangan Moda Raya Terpadu.

Direktur PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan istilah Moda Raya Terpadu (MRT) akan masuk KBBI pada Februari mendatang. Selain MRT, kata lain yang akan dimasukkan adalah 'ratangga' untuk nama kereta MRT. 

William mengatakan nama ratangga diambil dari karya pujangga Mpu Tantular di kitab Arjuna Wijaya dan Kitab Sutasoma. Ratangga artinya kereta kuda perang.

Makna dari kata itu, menurut William, merupakan suatu kekuatan dan perjuangan untuk melakukan perubahan jika dilihat dari semangat dalam mengubah suasana transportasi publik di Jakarta.

"Nama kendaraannya sudah berbahasa Indonesia. Nama kendaraannya, atau nama keretanya adalah ratangga. Nama ratangga ini juga sebenarnya bukan datang dari Pak Gubernur secara pribadi. Ini proses koordinasi yang panjang dengan Badan Balai Bahasa. Jadi Badan Bahasa datang dan berkonsultasi. Ada 58 kata yang dalam terminologi asing itu yang di-Indonesia-kan," kata William di gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pemprov DKI Jakarta, Cideng, Jakarta, Rabu, (12/12/2018).

Nama lain yang direkomendasikan adalah Arodano, Arodano berasal dari bahasa Nias yang artinya bawah tanah.

Dari dua masukkan tersebut, kemudian dipilihlah nama ratangga sebagai sebutan rangkaian kereta MRT yang akan beroperasi Maret 2019.

Untuk nama koporasi PT MRT belum ada perubahan. Menurut William, nama koporasi sudah tercantum dalam Perda.

PT MRT kini sedang menyosialisasikan nama itu ke publik.

Editor: Agus Luqman 

  • MRT
  • Moda Raya Terpadu
  • KBBI
  • Badan Bahasa

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!