Ini Empat Ruas Tol Trans Jawa yang Digratiskan Jokowi

Dengan diresmikannya empat ruas tol ini, berarti tol Trans Jawa mulai Merak hingga Grati Pasuruan sudah tersambung.

BERITA , NASIONAL

Kamis, 20 Des 2018 14:04 WIB

Author

Muji Lestari

Ini Empat Ruas Tol Trans Jawa yang Digratiskan Jokowi

Presiden Jokowi ketika meresmikan Jalan Tol Trans Jawa di Jombang, Jawa Timur. (Foto: KBR/Muji Lestari)

KBR, Jombang- Presiden Joko Widodo meresmikan empat ruas tol sepanjang 59 kilometer di Jawa Timur, Kamis, (20/12/2018). Empat jalan tol tersebut yaitu ruas Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Pasuruan-Gempol, serta Pasuruan-Grati. Peresmian dilakukan di KM 671, ruas Ngawi-Kertosono, di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, Jawa Timur.

Presiden Jokowi menjelaskan, dengan peresmian empat ruas tol tersebut, maka jalan tol Jakarta-Surabaya dengan panjang 741 kilometer sudah terhubung dan bisa dilalui per 20 Desember 2018.

"Saya berharap dengan selesainya ruas tol ini dan bisa tembus Jakarta-Surabaya, saya ingin betul-betul punya manfaat lebih, memudahkan masyarakat agar lebih cepat, bisa jadi alternatif pilihan jalan yang ingin dilalui, mau pakai jalan lama silakan, mau lewat tol silakan," kata Presiden Jokowi saat peresmian.

Presiden Joko Widodo juga melakukan perjalanan di jalan tol sepanjang 341 kilometer menggunakan bus dari Surabaya ke Jembatan Kalikuto di Kabupaten Kendal, Jawa tengah.

Baca juga:

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, empat ruas jalan tol yang baru diresmikan Presiden Jokowi tersebut bisa dilalui secara gratis.  Penggratisan itu berlaku mulai 20 Desember 2018 hingga Tahun Baru 2019 mendatang. 

"Kami usulkan kepada bapak presiden, meski sudah operasional, namun kami minta empat ruas tol tersebut gratis nol rupiah hingga Januari 2019, sampai ada keputusan lagi dari bapak presiden," kata Basuki. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang turut mendampingi presiden saat peresmian berharap, empat ruas tol yang sudah beroperasi itu bisa dimanfaatkan masyarakat untuk libur Natal dan tahun baru. 

Kata dia, dengan diresmikannya empat ruas tol ini, berarti tol Trans Jawa mulai Merak hingga Grati Pasuruan sudah tersambung. Jalan tol trans Jawa membentang dari Merak hingga Banyuwangi dengan panjang 1.151 kilometer.  

Editor: Kurniati


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.