BERITA

Efisiensi Transportasi, Kemenhub Dorong Penerapan Gerbang Pembayaran Nasional

""Untuk meningkatkan efisiensi layanan trasportasi, yang kedua juga untuk transparansi dan pendataan.""

Heru Haetami

Efisiensi  Transportasi, Kemenhub  Dorong Penerapan Gerbang Pembayaran Nasional
Ilustrasi jalan tol. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Kementerian Perhubungan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), terus meningkatkan efisiensi di sektor transportasi dan efektivitas penerapan Sistem Multi Lane Free Flow (MLFF), di jalan tol melalui pembahasan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).  Kepala Balitbang Perhubungan, Sugihardjo mengatakan melalui GPN  mendorong transparansi pendataan layanan di bidang transportasi.

"Tentang pembayaran gerbang pembayaran nasional, kenapa litbang mendorong ini pertama memang untuk meningkatkan efisiensi  layanan trasportasi, yang kedua juga untuk transparansi dan pendataan. Tadi saya sudah sampaikan, kalo sepanjang transaksi itu masih manual maka kita akan kesulitan memperoleh data produktivitas transportasi," kata Sugihardjo, ketika Focus Group Discussion (FGD) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan transportasi, di Jakarta, Senin (03/12/2018).


Sugihardjo mengatakan, pendataan akan mengurangi kemungkinan terjadinya pungutan liar pada transportasi.


Selain itu, GPN juga akan menjadi sistem yang mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik bidang trasportasi.


"Nah yang diharapkan untuk integrasi keterpaduan intra dan antar moda itu kan ada tiga hal, keterpaduan fisik, simpulnya orang dekat bisa berpindah moda kemudian keterpaduan operasional, jaringan pelayanan, jadwal waktunya bisa terkoneksi dan yang utama juga untuk sistem pembayaran yang terintegrasi. Karena itu kita mendorong adanya penerapan GPN," jelas Sugihardjo.


Melalui integrasi tersebut, masyarakat akan dapat menggunakan uang elektronik dari berbagai penerbit pada berbagai moda transportasi.


Kemudian, sistem integrasi ini akan meningkatkan efisiensi layanan publik melalui penerapan pembayaran secara nontunai.


GPN merupakan terobosan dalam rangka menghapus sekat-sekat yang selama ini diciptakan melalui peraturan dari masing-masing bank, untuk mengakses kebutuhan perbankan maupun transaksi hanya bisa dilakukan pada bank yang sama.

Editor: Kurniati 

  • Gerbang Pembayaran Nasional
  • Balitbang Kemenhub
  • BUJT
  • Multi Lane Free Flow

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!