[Ralat] Segel Belum Dibuka, Jemaat Dua Gereja Gelar Misa Natal di Depan Istana Merdeka

HKBP Filadelfia disegel Pemerintah Kabupaten Bekasi pada 2010. Sedangkan GKI Yasmin disegel Pemerintah Kota Bogor pada 2010.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 25 Des 2018 20:12 WIB

Author

May Rahmadi

 [Ralat] Segel Belum Dibuka, Jemaat Dua Gereja Gelar Misa Natal di Depan Istana Merdeka

Jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia menggelar Misa Natal di depan Istana Merdeka Jakarta, Selasa (25/12/2018). (Foto: May Rahmadi/KBR)

KBR, Jakarta- Jemaat Gereja Kristen Indonesia Yasmin di Bogor, dan Huria Kristen Batak Filadelfia di Bekasi, Jawa Barat, hari ini menggelar misa Natal di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Ini adalah kali kedelapan jemaat kedua gereja melangsungkan misa Natal di di depan Istana. Sebab, hingga kini gereja mereka yang disegel pemerintah setempat belum juga dibuka.

Penyegelan dilakukan menyusul adanya desakan dari kelompok intoleran. HKBP Filadelfia disegel Pemerintah Kabupaten Bekasi pada 12 Januari 2010. Sedangkan GKI Yasmin disegel Pemerintah Kota Bogor pada 10 April 2010. 

Pendeta Binsar Pakpahan dari HKBP Filadelfia mengatakan misa Natal di depan Istana akan terus dilakukan sampai pemerintah melepas segel gereja di HKBP Filadelfia dan GKI Yasmin. Misa Natal ini juga didukung banyak gereja lainnya yang bersimpati. Natal pertama di sana, dilakukan pada 2012. 

"Ibadah itu adalah hak kita sebagai warga negara, sehingga di mana pun seharusnya -- tentu dengan aturan yang berlaku -- kita harusnya bisa beribadah dan negara seharusnya melindungi kita. Di sini menariknya, kita lebih boleh ibadah dari pada tempat yang kita miliki. Itu menurut saya paradoks juga. Di sini boleh, di tempat yang kami miliki tidak boleh," kata Binsar di depan Istana Negara, Selasa (25/12/2018).

Binsar menilai, secara hukum, dua gereja tersebut sebenarnya sudah bisa dibangun untuk direnovasi. Namun, pemerintah setempat belum bisa menjamin pembangunan tersebut. 

Selain melakukan ibadah Natal, para jemaat juga rutin beribadat tiap dua Minggu di seberang istana. Sampai saat ini, mereka sudah lebih dari 150 kali beribadat di dekat Monas sebagai bentuk perjuangan atas hak beribadah mereka. 

Ralat Berita: Pada berita berjudul "Segel Belum Dibuka, Jemaat Dua Gereja Gelar Misa Natal di Depan Istana Merdeka" yang dimuat pada Selasa (25/12/2018) terjadi kesalahan mengenai tahun penyegelan Gereja Filadelfia. Ralat dilakukan Jumat (03/01/2019) pukul 21.25. Kami mohon maaf, dan berita kami perbaiki. Terima kasih 


Editor: Sindu Dharmawan

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 10

Basarnas Jabar Targetkan Nol Persen Kecelakaan Laut Pada 2020

Singapura Larang Total Iklan Minuman Manis dalam Kemasan

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7