BERITA

Imbas Erupsi Gunung Agung, Hotel di NTB Beri Diskon Hingga 50 Persen

Imbas Erupsi Gunung Agung, Hotel di NTB Beri Diskon Hingga 50 Persen

KBR, Mataram - Para pengusaha hotel di Nusa Tenggara Barat memberikan diskon tarif bagi wisatawan antara 10 hingga 50 persen.

Diskon itu diberikan sebagai imbas dari erupsi Gunung Agung di Karangasem Bali yang menyebabkan banyak wisatawan harus memperpanjang lama tinggal di NTB. 

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) NTB, Lalu Abdul Hadi Faisal mengatakan pemberian diskon itu sesuai permintaan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya. 

Abdul Hadi Faisal mengatakan banyak wisatawan terpaksa memperpanjang lama tinggal di Lombok dan Sumbawa karena bandara Lombok International Airport (LIA) ditutup sementara lantaran terganggu abu vulkanik Gunung Agung.

"PHRI sudah mengimbau seluruh anggota hotel dan restoran untuk menunjukkan pelayanan. Kita berusaha membangun pariwisata yang berkepanjangan, berkelanjutan. Banyak langkah yang bisa kita lakuka,n diantaranya pelayanan. Sepanjang pantauan kami di hotel–hotel, mereka sudah memberikan pelayanan yang memuaskan, terutama yang memperpanjang masa tinggal. Ada juga anggota PHRI yang memberikan makan siang gratis juga," kata Lalu Abdul Hadi Faisal, Kamis (30/11/2017).

red

Gunung Agung terlihat dari Pantai Ampenan, Mataram, NTB, Selasa (28/11/2017). (Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi) 

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/11-2017/gunung_agung_update__puluhan_penerbangan_di_lombok_dibatalkan__kemenhub_kerahkan_100_bus/93757.html">Puluhan Penerbangan di Lombok Dibatalkan, Kemenhub Kerahkan 100 Bus</a> </b><br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/11-2017/erupsi_gunung_agung__jokowi_minta_tak_ada_korban__akan_ada_evakuasi_paksa/93732.html">Erupsi Gunung Agung, Jokowi Minta Tak Ada Korban, Akan Ada Evakuasi Paksa</a> </b><br>
    

Abdul Hadi Faisal mengatakan sebagian besar anggota PHRI sudah berkomitmen memberikan diskon kepada para tamu. Besaran diskon tergantung kebijakan masing-masing hotel. Namun, sesuai arahan Menteri Pariwisata, diskon berkisar 10 persen hingga 50 persen.

Ketua Asosiasi Kongres dan Konvensi Indonesia (INCCA) Provinsi NTB M Nurhaedin mengatakan, bencana erupsi Gunung Agung Bali mengganggu kegiatan rapat dan konvensi atau MICE di Lombok. 

Padahal, biasanya di akhir tahun hotel, agen perjalanan serta penyelenggara kegiatan (Event Organizer/EO) sedang menunggu paket kegiatan yang cukup banyak. 

INCCA belum mampu menghitung kerugian dari bencana ini. Namun jika erupsi Gunung Agung terus berlanjut hingga akhir tahun dan mengakibatkan bandara Lombok buka-tutup, maka target kunjungan akan berkurang sekitar 20-30 persen.

red

Wisatawan menyeberang dari Lombok, NTB ke Bali menggunakan kapal cepat di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Selasa (28/11/2017). Wisatawan menggunakan kapal cepat karena Bandara Ngurah Rai ditutup akibat erupsi Gunung Agung. (Foto: ANTARA/Fikri Yusuf) 

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/11-2017/erupsi_gunung_agung__ribuan_orang_mengungsi_dari_bali_ke_lombok/93695.html">Erupsi Gunung Agung, Ribuan Orang Mengungsi dari Bali ke Lombok</a> </b><br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/11-2017/masuk_fase_kritis__gunung_agung_mulai_lontarkan_batu/93714.html">Masuk Fase Kritis, Gunung Agung Mulai Lontarkan Batu</a>  &nbsp; &nbsp;</b><br>
    

Editor: Agus Luqman 

  • Gunung Agung
  • erupsi Gunung Agung
  • pengungsi Gunung Agung
  • letusan Gunung Agung
  • Status Awas Gunung Agung
  • evakuasi Gunung Agung
  • Gunung Agung Bali
  • penerbangan terganggu Gunung Agung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!