Wali Kota Surabaya: Menjadi Presiden Harus Ada Izin dari Tuhan

KBR68H, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini masih akan setia menysusuri jalan-jalan pukul 05.30 , jika ada sampah akan dipungut.

BERITA

Senin, 16 Des 2013 10:01 WIB

Author

Arin Swandari

Wali Kota Surabaya: Menjadi Presiden Harus Ada Izin dari Tuhan

wali kota surabaya, tri rismaharini, taman bunga

KBR68H, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini masih akan setia  menysusuri jalan-jalan pukul 05.30 , jika ada sampah akan dipungut. Kala sore hari, ia melempar bola ke anak-anak  sembari mengingatkan mereka untuk rajin belajar. Di malam hari  Risma berpatroli ke taman, dan meminta anak-anak yang masih nongkrong untuk pulang.

Di taman Tri Risma mewujudkan banyak hal, menjalin kedekatan dengan warganya, memberi ruang pada balita hingga manula  bahkan pasien kanker. ”Saya ingin orang-orang yang sakit bisa menikmati yang indah-indah, bisa saja bulan ini kita bertemu di taman, bulan depan sudah saling tak bisa jumpa lagi,” Risma menjelaskan alasannya tentang taman-taman khusus yang dibuat.

Risma tengah berusaha membuat efesiensi anggaran agar bisa dibagi untuk orang-orang yang mengalami gangguan jiwa yang dibuang oleh daerah lain ke Surabaya bahkan menggaji pengamen di taman 2,5 juta per satu kali main. Langkah ini agar bersih dari pengamen jalanan. Programnya yang terbaru adalah pembenahan wilayah Dolly. Kita simak wwcr sarapan bersama peraih Women Leader Award 2012 Women Leader Award dari Globe Asia."dari Globe Asia.” Tri Rismaharini. Wawancara dilakukan reporter Arin Swandari

Kalau di luar Taman Bungkul apakah seasyik Taman Bungkul?

Sama sebetulnya cuma kalau di Taman Bungkul karena mungkin letaknya strategis. Kemudian tempatnya melebar dan memang kalau kongkow ya di Taman Bungkul tapi ada beberapa taman yang kita spesialisasikan. Contohnya skate park, BMX itu untuk anak-anak, kemudian climbing, fitness, untuk melukis, untuk drama pentas seni, untuk olahraga itu kita spesialisasikan. Tapi kalau Bungkul memang untuk kongkow-kongkow.

Di situ semua orang ada?

Iya betul mulai dari bayi sampai lansia, mulai putih sampai hitam semuanya ada di situ.
 
Bagaimana memadukan antara pembangunan ekonomi dengan lingkungan sehingga bisa selaras itu?

Justru kalau kemudian orang merasa nyaman maka akan menarik investasi ke situ. Contohnya karena kesenjangan itu menurun kota kita menjadi aman, kemudian orang lebih banyak karena sering berkumpul stresnya berkurang sehingga gesekan itu semakin berkurang. Akhirnya emosi tidak tinggi, sehingga kondisi ini membuat kota kondusif akhirnya investasi masuk karena gesekan-gesekan itu berkurang.

Semua itu terstruktur rapih begitu dari mulai rencana lima tahun atau bagaimana?

Biasanya saya menangkap aspirasi dari masyarakat. Contohnya di kawasan pinggiran minta dibuatkan lapangan bola, lapangan basket, kadang mimpi saya misalkan kadang orang mau lihat bunga pasti ke luar negeri. Makanya saya bermimpi kita buat taman bunga, kita punya potensi di Indonesia ini bahwa kita juga bisa tanpa harus sepertinya tidak bisa karena bunga itu harus iklimnya musim dingin dan sebagainya, tidak juga ternyata bisa.

Sebentar lagi ada MRT dan ada beberapa yang lain di Surabaya dan yang membuat paling membuat orang penasaran adalah satu jam gratis naik angkot karena akan dibayar sopirnya, juga pengamen pun dibayar Rp 2,5 juta. Bagaimana mengatur sedemikian rupa untuk dananya?

Kami lakukan penghematan-penghematan ya. Contohnya saya menyederhanakan struktur karena kami menggunakan sistem elektronik semua, sehingga kami bisa pangkas struktur organisasi itu sehingga lebih kecil. Pengeluaran kami untuk pegawai itu lebih berkurang, sehingga uang itulah yang kita gunakan. Penghematan itulah yang kita berikan pelayanan kepada masyarakat.

Ada ketakutan kemudian banyak kota-kota yang asal ‘buang’ karena tahu di Surabaya akan ditampung?

Seorang pemimpin itu harus ditunjuk oleh Tuhan. Kenapa, disitu kemudian ada tangan-tangan Tuhan yang kita mungkin tidak percaya tapi saya percaya sekali karena banyak sekali keajaiban-keajaiban yang kadang saya sempat takut tapi kemudian Tuhan membantu dan ternyata bisa. Jadi tidak perlu takut karena itu sudah dijamin, makanya di dalam doa itu ampunilah pemimpin-pemimpin kami. Saya tetap percaya kalau sepanjang kita tujuannya untuk menolong orang pasti ada jalan dan saya yakin kita bisa mengatasi. Kita ajak sama-sama bahwa kita ini satu keluarga besar yang tinggal di suatu kota, suatu bumi, kita ini saudara jadi pasti membutuhkan orang lain.

Jadi selalu cukup dana yang tersedia?

Iya tidak usah khawatir pasti ada jaminan dari Tuhan. 


Kalau Dolly masih berlanjut, orang-orangnya bagaimana?


Mereka juga manusia, kalau mereka tidak bisa makan juga bagaimana itu tidak mungkin, saya juga tidak ingin mereka kemudian pindah ke tempat lain. Saya ingin melakukan adalah mengalihkan profesi mereka, saya ingin membantu mereka untuk alih profesi, karena tidak bisa kemudian selamanya seperti itu. Kedua tidak mungkin mereka bisa meneruskan itu karena bagaimana dengan anak-anak kalau seperti itu. Saya tetap yakin bahwa Tuhan pasti akan memberikan jalan kepada kita kalau kita mau berubah.

Tapi sudah ada bayangan mereka akan diberdayakan?

Makanya saya punya target. Saya tidak tiba-tiba saya ingin populer kemudian saya tutup bulan ini, makanya saya punya target bulan ini, setelah itu apa, kemudian kita lihat bagaimana progresnya. Makanya saya baru bisa menetapkan bulan ini, karena saya harus lewati fase itu, tidak bisa kemudian saya tetapkan dua tiga bulan tidak bisa.

Kira-kira profesi apa yang sudah disiapkan?

Kalau yang sudah-sudah itu macam-macam ada yang usaha kita training ada yang jahit, buat kue, salon, makanan, pernak-pernik, macam-macam usahanya.
 
Di kawasan itu akan menjadi apa saja?

Kawasan itu sebetulnya nanti ada rencana pelebaran jalan, kita buat akses baru sehingga kawasan itu menjadi kawasan yang sama dengan kawasan Surabaya yang lain.
   
Bawa HT waktu tidur, bisa tidur jam berapa?

Tidur sebetulnya saya juga tidak tahu, soalnya kan saya juga ditengah-tengah tidur itu kadang juga masih dengarkan mereka. Karena kadang-kadang mereka yang di lapangan juga pendidikannya SMK, menganalisanya berat, mereka juga berat karena kerja fisik akhirnya saya yang harus menganalisa.

Jadi malam-malam kadang turun ya?

Iya tapi yang paling penting adalah menganalisa. Jadi air ini mau dilarikan kemana saya kadang yang mengatur.

Jadi kalau ada sesuatu masalah di lapangan petugas akan mendengar instruksi dari anda?

Iya betul. Jadi nanti saya lihat data di sini, lihat data yang disampaikan kemudian saya atur seperti apa. Misalkan terjadi kemacetan segala pun selalu begitu saya analisa.
 
Rumah-rumah di pinggir Kali Surabaya sekarang rapih dan menghadap ke kali, menurut anda bisa diterapkan di Jakarta?

Bisa, tidak ada tidak mungkin semua mungkin.
 
Dengan bantaran kali yang seperti ini?

Bisa kita ajak komunikasi warganya.

Waktu anda melakukan itu mereka menolak juga ya?

Semua pasti seperti itu tapi kemudian kita ajak bicara.
 
Bagaimana dengan bahasa anda?

Bahasanya memang harus bahasa mereka.Saya kadang bahasa Jawa, saya juga belajar bahasa Madura. Ya bahasa mereka sehari-hari, tidak teori yang muluk-muluk.

Kalau program lingkungan ke depan target-target untuk Surabaya apa?

Surabaya sekarang bergerak cepat sekali pembangunannya, saya ingin warga Surabaya menjadi tuan rumah di kotanya sendiri. Jadi saya ingin perkembangan kemajuan Surabaya itu dinikmati oleh warga Surabaya, artinya warga Surabaya lebih sejahtera, warga Surabaya merasa kotanya adalah rumah mereka sehingga guyub di Surabaya terasa.

Ada anak berkebutuhan khusus bagaimana?

Saya juga punya anak-anak itu, saya punya sekitar 43 anak berkebutuhan khusus tapi anak-anak itu sekarang pandai-pandai sekali.
 
Apa yang anda lakukan untuk mereka?

Ya kita berikan mereka pendidikan yang bagus, kita berikan mereka perhatian. Ada anak kita yang sekarang pameran di Jakarta, pameran lukisan katanya goresannya seperti Picasso. Jadi mereka kita berikan fasilitas sesuai dengan bakat mereka ada yang olahraga, musik, seni. Sebetulnya tidak mungkin Tuhan menciptakan sesuatu tanpa maksud, saya yakin itu dan ternyata betul anak-anak saya mendapat banyak prestasi. Artinya sebetulnya kalau mereka diberikan yang tepat maka mereka juga bisa berprestasi, bisa membanggakan kita.

Dari mana saja?

Macam-macam ada saya menemukan, anak jalanan. Memang diserahkan lingkungan karena lingkungan tidak bisa menerima tapi sekarang anak-anak itu berprestasi.

Apa saja kegiatannya?

Macam-macam mereka aktif belajar sesuai dengan minat yang dibidangi. Ada musik, tinju, karate, sepakbola, kemudian mereka melakukan aktivitas sesuai dengan minat yang disenangi, mereka juga rajin beribadah, mereka juga rajin melakukan kegiatan bersama teman-teman lainnya.
 
Mereka berkumpul di satu tempat seperti apa?

Ada asramanya untuk mereka.

Jumlah mereka berapa?

Sekarang 48 mungkin ya. Kemarin anakku mendapat medali perak di SEA Games untuk balap sepeda. Biasanya kalau di situ mereka tidak mau pulang karena punya banyak teman, banyak aktivitas. Paling penting adalah kalau kita ingin dilihat orang jangan karena orang kecewa karena perbuatan kita, kalau kita ingin dilihat orang orang-orang itu senang karena apa yang kita lakukan.

Ada yang mengelu-elukan anda untuk bisa datang ke Jakarta menggantikan Pak Jokowi kalau nanti Pak Jokowi nyapres. Bagaimana komentarnya?

Tidak saya tetap prinsip bahwa seseorang menjadi wali kota, gubernur, presiden itu harus izin dari Tuhan. Karena ada yang sangat berat yang kadang kita sebagai manusia tidak bisa menjangkaunya, disitulah tangan Tuhan akan turun kalau kita tidak pernah meminta jabatan itu.
 
Kalau Jawa Timur bagaimana?

Sama itu harus dipilih oleh Tuhan.
 
Tapi kalau orang-orang menghendaki bagaimana?

Itu nanti Tuhan yang akan atur, secara pribadi saya tidak mau.

Editor: Doddy Rosadi


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Aplikasi LAPOR Dinilai Tidak Efektif Tanggapi Laporan Masyarakat