Ke Mana Cari Tahu Soal Remaja?

Sobat teen, namanya masih remaja pasti banyak hal yang ingin kita tahu dong. Termasuk persoalan seputar seks, alat reproduksi dan masih banyak lagi deh! Sayangnya, enggak banyak tuh remaja yang bisa mengakses pengetahuan itu secara langsung. Nah, minimnya

Kamis, 26 Des 2013 11:42 WIB

Author

Evilin Falanta

Ke Mana Cari Tahu Soal Remaja?

reproduksi, remaja

            KBR68H, Jakarta- Memasuki dunia remaja berarti memasuki masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa transisi inilah kita rentan banget  mengalami berbagai masalah. Supaya kita bisa menghindari itu, kita perlu tahu banyak informasi donk. Nah, persoalan yang sering ingin diketahui remaja biasanya seputar masalah seksualitas, seputar kesehatan reproduksi dan  tak kalah pentingnya soal pergaulan yang rentan disusupi narkoba.


        Sayangnya,  remaja kerap kali belum bisa menjangkau dengan mudah informasi seputar hal itu. Salah satunya, Wildan, remaja berusia 18 tahun yang baru lulus dari bangku Madrasah Aliyah ini sempat kesulitan memperoleh informasi seputar seksualitas. "Ya, ada kesulitan juga ya. Dulu masih SMP lah, belum tahu soal alat reproduksi tuh apa gitu, terutama saya belum ada teman buat ngomong masalah kayak gitu. Orang tua juga bilang kamu tuh belum cukup umur, gini gitu lah...,"wah sepertinya banyak yang seperti Wildan ya. Eiittss, tapi jangan sampai sobat teen salah mencari informasi loh! Wildan bercerita rasa ingin tahunya itu kemudian disalurkan melalui kegiatan rohani disekitar lingkungannya dan mengikuti sejumlah organisasi.


        Beda lagi sama Kak Rizki Nisa. Remaja berusia 19 tahun yang kuliah di Universitas ISIP ini  memperoleh pengetahuan seputar seks dan masalah reproduksi dari bangku kuliahnya."Kalau sampai sejauh ini sih saya tidak mengalami kesusahan sih soalnya banyak banget akses-akses didekat saya yang berbicara seputar kesehatan reproduksi gitu. Kalau aku biasa juga dapat dari kampus, kayak ada tes HIV gitu, ya macam-macam deh,"cerita kak Rizki.
Menurut Ketua Youth Forum dari Organisasi peduli kesehatan reproduksi remaja yaitu Aliansi Satu Visi, Kak Enny Nadia Simanjorang, selama ini informasi seputar masalah remaja belum tersedia maksimal. Padahal, jika informasi bisa diperoleh sobat teen dengan benar dapat membantu perkembangan perilaku kita sebagai remaja untuk hidup sehat. Kak Enny menjelaskan,"Pemerintah udah menyediakan kok layanannya, tapi layanan youth friendly enggak tuh maksudnya kalau youth friendly kan jadi salah satu faktor kenapa dia mau datang. Kalau dia enggak mau datang berarti kan aksesnya mungkin yang sulit, kenapa sulit ya mungkin tempatnya, SDM-nya, atau harganya, dan segala macam. Ya, kalau mau dapat yang secuil-cuil itu banyak banget, di internet pun juga ada, nah tapi untuk yang komprehensif itu yang susah banget didapat."


        Meskipun belum maksimal layanan informasi seputar seks dan kesehatan reproduksi, teman kita Rizki tetap pandai-pandai menjaga diri dalam pergaulan. "Ya, walaupun di lingkungan saya itu banyak banget kayak misalkan teman-temanku pada merokok, minum, ya segala macam deh. Nah, saya tuh enggak bisa ikut terjerumus dalam dia tapi saya tetap bisa kok mengekspresikan hak-hak saya. Walaupun saya tidak harus merokok, minum-minum, tetapi saya ya tetap berteman sama dia tapi tolong hargai saya, privasi saya bahwa saya tidak seperti itu,"lanjut Rizki


        Nah, biar enggak gampang terseret dalam berbagai masalah remaja seperti seks bebas, narkoba dan masih banyak lagi, rencananya Aliansi Satu Visi bakal menggandeng kalangan remaja untuk mendirikan Komnas Remaja. Kak Enny bilang, nantinya para remaja akan diajak aktif dalam Komnas ini.  "Dengan adanya komnas remaja salah satu fungsinya kan nanti kita juga akan mengadvokasi teman-teman yang belum memiliki akses untuk itu. Jadi itu semacam bantuan ya untuk remaja, lebih kayak memfasilitasi ya. Ini memang untuk pemenuhan hak tersebut bagi semua remaja, tidak menutup kemungkinan apakah dia punya orientasi seksual yang berbeda, pokoknya ragam identitas deh, termasuk buat teman-teman difabel. D isemua remaja baik di kota ataupun desa mereka harus dapat, karena ini jadi faktor penentu apakah generasi itu punya kualitas yang baik atau enggak." Bukan cuma  bisa mendapatkan layanan pengetahuan seputar seksualitas dan kesehatan reproduksi tapi ada juga  advokasi pada masalah-masalah remaja lainnya. Huuaaah asik!


        Nah, sobat teen setuju enggak neh kalau ada Komnas Remaja? Teman kita Wildan sih mendukung banget ada lembaga yang bisa mewadahi remaja,"Wah, setuju banget. Jadi, remaja itu bisa terarah gitu ke arah yang positif karena remaja itu kan masih mencari jati dirinya belum ada yang mengarahkan gitu, sedangkan pendidikan orang tua itu beda-beda. Dengan ini jadi ada suatu wadah supaya remaja itu bisa mengekspresikan kegiatan-kegiatannya dengan yang baik,"


        Mudah-mudahan ya sobat teen, keberadaan Komnas Remaja bisa segera terealisasi. Jadi kan, sobat teen bisa lebih mudah mengakses pengetahuan seputar seksualitas, kesehatan reproduksi dan pengetahuan tentang remaja yang lainnya!

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

KPK Serukan Penerapan Sertifikasi Sistem Manajemen Antisuap