Kerjasama KBR dengan SATGAS COVID-19

Di Masa Pandemi, Saat Tiba di Tanah Air Jemaah Umroh akan Dikarantina di Asrama Haji

Selayaknya warga negara yang bepergian ke luar negeri, para jemaah juga harus menjalani testing (pemeriksaan) sebagai langkah screening Covid-19.

RAGAM

Kamis, 12 Nov 2020 17:52 WIB

Author

Paul M Nuh

Di Masa Pandemi, Saat Tiba di Tanah Air Jemaah Umroh akan Dikarantina di Asrama Haji

Sejumlah calon jamaah umrah melakukan lapor diri di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (1/11/2020).ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.

JAKARTA - Terhitung mulai 1 November 2020 Pemerintah Arab Saudi membuka kembali akses beribadah umrah bagi warga negara di seluruh dunia. Pada kesempatan ini Indonesia langsung memberangkatkan sebanyak 360 jemaah umroh ke tanah suci Mekah.

Tapi kebahagiaan mereka setelah menunaikan ibadah umroh tidak bisa langsung diungkapkan dan dibagi dengan keluarga. Jemaah umrah yang tiba di tanah air harus bersabar untuk bisa pulang ke rumah. Selayaknya warga negara yang bepergian ke luar negeri, para jemaah juga harus menjalani testing (pemeriksaan) sebagai langkah screening Covid-19. Sambil menunggu hasil tes, maka jemaah akan dikarantina di Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur.

"Apabila tes menunjukkan hasil tes yang positif (Covid-19), maka jemaah akan dirujuk ke rumah sakit untuk memperoleh penanganan lebih lanjut. Bagi jemaah umrah dengan hasil tesnya yang negatif Covid-19, maka wajib menjalani isolasi di fasilitas kesehatan yang ditentukan pemerintah," jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube BNPB, Selasa (10/11/2020).

Sebagaimana diketahui, ibadah umrah di masa pandemi di Indonesia harus merujuk Keputusan Menteri Agama No. 719 Tahun 2020. Dalam regulasi tersebut mengatur penyelenggara perjalan ibadah umrah, harus memperhatikan mekanisme karantina dan calon jemaah, memperhatikan kuota pemberangkatan dan memperhatikan pelaporan keberangkatan, kedatangan dan kepulangan calon jemaah.

Regulasi ini juga disusun untuk memberikan perlindungan kepada jemaah umroh agar tidak terjadi penularan selama jemaah menjalani ibadah umrah. Jemaah wajib mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencucintangan selama berada di tanah suci.

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7