BERITA

Jembatan Putus, 6 Desa di Aceh Tenggara Terisolir

""Harga barang di 6 desa itu sudah tidak terkendali karena jalur distribusi pangan baik jalan maupun jembatan tak bisa dilewati""

Jembatan Putus, 6 Desa di Aceh Tenggara Terisolir
Banjir yang menerjang Kabupaten Aceh Tenggara. (Foto: BPBD Aceh Tenggara)

KBR, Aceh Tenggara – Sebanyak enam desa di Kecamatan Lauser, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, terisolir setelah jembatan rangka baja di kawasan Paya Babi putus dan hanyut dibawa banjir, Rabu (28/11/2018). Jembatan ini merupakan satu-satunya akses yang menghubungkan keenam perkampungan di kaki Gunung Lauser yakni Desa Bunbun Indah, Permata Musara, Serakut, Bunbun Alas, dan Akhih Mejile.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Irwan mengatakan, aktivitas masyarakat di wilayah ini lumpuh total. Selain itu sejumlah ruas jalan raya juga belum bisa dilewati lantaran tertimbun material banjir berupa lumpur, batu dan kayu. 

"Akibat banjir jembatan putus sepanjang 20 meter. Jadi keenam desa saat ini terisolir dari akses darat," kata Irwan kepada KBR, Rabu (28/11/2018).

Menurut Irwan, dampak dari terisolirnya 6 desa tersebut, harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik. Untuk itu BPBD sudah mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi banjir menggunakan perahu karet untuk mendistribusikan logistik serta melakukan evakuasi kepada warga.

BPBD juga sudah meminta bantuan logistik tambahan bagi warga yang terjebak banjir kepada Pemprov Aceh.

"Harga barang di 6 desa itu sudah tidak terkendali karena jalur distribusi pangan baik jalan maupun jembatan tak bisa dilewati. Kami sekarang terus memasok bantuan ke sana," tutur Irwan.

Sebelumnya, sebanyak 60 unit rumah di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, rusak diterjang bencana alam banjir bandang pada Selasa (27/11/2018). Catatan BPBD Aceh Tenggara menunjukkan sekitar seribuan unit rumah terendam banjir di 8 desa yang tersebar di 3 kecamatan, mulai Desa Natam Baru, Lawe Metangur, Bunbun Indah, Permata Musara, Serakut, Bunbun Alas, Akhih Mejile, dan Tuah Kekhine.

Baca juga: 

    <li><a href="https://kbr.id/nusantara/11-2018/kerugian_banjir_aceh_utara_capai_rp14_miliiar/98209.html">Kerugian Banjir Aceh Utara Capai Rp14 Miliar</a>&nbsp;<br>
    
    <li><a href="https://kbr.id/nusantara/11-2018/diterjang_banjir___ribuan_warga_aceh_utara_mengungsi/98186.html">Diterjang Banjir, Ribuan Warga Aceh Utara Mengungsi</a>&nbsp;<br>
    

Editor: Friska Kalia 

  • banjir
  • longsor
  • aceh
  • BPBD

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!