BERITA

Kasus Setya Novanto, Metro TV: Jika Hilman Langgar Kode Etik Akan Kami Tindak Tegas

"Pemimpin Redaksi Metro TV Don Bosco Selamun menyatakan ia sudah mendengar isu kedekatan Hilman dengan Setya Novanto selama Hilman meliput di Gedung DPR. "

Kasus Setya Novanto, Metro TV: Jika Hilman Langgar Kode Etik Akan Kami Tindak Tegas
Polda Metro Jaya melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan mobil yang ditumpangi Ketua DPR Setya Novanto di Jl Permata Hijau, Jakarta, Jumat (17/11/2017). (Foto: ANTARA/Reno Esnir)

KBR, Jakarta - Pengelola stasiun televisi Metro TV menelusuri hubungan dan kedekatan wartawan berstatus kontributor mereka bernama Hilman Mattauch dengan Ketua DPR Setya Novanto.

Hilman mengemudikan mobil Toyota Fortuner---diklaim miliknya sendiri---yang ditumpangi Setya Novanto, ketika Novanto tengah diburu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis, 16 November 2017 malam. Mobil itu menabrak tiang listrik di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 

Pemimpin Redaksi Metro TV Don Bosco Selamun menyatakan ia sudah mendengar isu kedekatan Hilman dengan Setya Novanto selama Hilman meliput di Gedung DPR. Apabila ada bukti Hilman melanggar kode etik, kata Don Bosco, Metro TV akan memberikan sanksi tegas.

"Saya mendengar isu itu. Saya masih melacak seperti apa kedekatannya. Apakah kedekatan itu kemudian menimbulkan conflict of interest, itulah yang kemudian secara internal kami harus mencari tahu. Apakah ada hubungannya dengan pelaksanaan tugas yang tidak comply dengan kode etik jurnalistik, tidak sesuai dengan code of conduc perusahaan, itu sedang kita lacak. Seperti biasa, kita sangat ketat. Kalau itu terjadi, kita pasti akan mengambil tindakan yang tegas," kata Don Bosco kepada KBR, Jumat (17/11/2017).

Isu kedekatan Hilman dengan Setya Novanto beredar di media sosial, termasuk kabar bahwa Hilman mendapat apartemen pemberian Setya Novanto. 

Pemred Metro TV Don Bosco Salamun mengatakan Hilman sebelumnya merupakan kontributor yang ditugaskan mencari Setya Novanto untuk wawancara eksklusif. Ia menilai tidak ada yang aneh dengan penugasan itu, saat Hilman menyopiri Setya Novanto agar bisa sampai studio tepat waktu.

Di samping itu, kata Don Bosco, usai wawancara di Metro TV pukul 18.30 WIB, Setya Novanto sudah berencana melanjutkan perjalanan ke gedung KPK karena batas penyerahan diri adalah pukul 20.00 WIB.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

  • Setya Novanto e-KTP
  • Setya Novanto tersangka
  • Setya Novanto mangkir
  • Setya Novanto KPK
  • Setya Novanto menghilang
  • Setya Novanto melawan
  • Setya Novanto sakit
  • Setya Novanto vs KPK
  • Setya Novanto buron
  • Setya Novanto DPO
  • Setya Novanto kecelakaan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!