HEADLINE

10 Paus Terdampar di Aceh Besar

10   Paus Terdampar di Aceh Besar

KBR, Aceh Besar–Sedikitnya 10 ekor  paus jenis serma atau kepala kotak ditemukan terdampar di Pantai Ujung Kareung, Kecamatan Masjid, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Senin (13/11). Diduga dua ekor di antaranya hewan bergigi terbesar di dunia   ini   terluka sehingga terlihat lemas di bibir pantai setempat.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Andoko Hidayat   belum dapat memastikan penyebab utama  paus tersebut terdampar. Kata Dia, tim gabungan  meliputi Fakultas Kedokteran Unsyiah, Basarnas, Karantina Perikanan, dan tim Polairud  sedang melakukan upaya evakuasi terhadap binatang laut itu di lokasi.

”Kami lagi koordinasi untuk proses evakuasinya, ditemukannya antara pukul 09.00-10.00 Wib, Senin Pagi. Informasi awal dua di antaranya mengalami luka, tapi sekarang Kami coba lihat lebih dekat, nanti ya informasi berikutnya,” kata Andoko menjawab KBR, Senin (13/11).

Terdamparnya  paus di Pantai Ujung Kareung, Aceh Besar ini langsung membuat lokasi dikerumuni  warga. Seluruh hewan bertubuh besar itu dinyatakan masih dalam kondisi hidup.

Pantai Ujung Kareung Kabupaten Aceh Besar  terletak d ikawasan zona laut Samudera Hindia. Kawasan laut dalam ini memiliki beragam spesies, salah-satunya ikan paus.

Editor: Rony Sitanggang

  • Paus
  • paus terdampar
  • paus sperma
  • aceh besar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!