covid-19

Turis Asing Masuk Bali, Prokes di Pelabuhan Ketapang Diperketat

Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dari wisatawan asing, seiring mulai dibukanya kembali kunjungan wisatawan asing ke Bali.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 15 Okt 2021 13:21 WIB

Perbatasan Bali-Banyuwangi Dijaga Ketat

Objek wisata di Pulau Dewata mulai ramai dikunjungi wisatawan domestik menjelang dibukanya Pariwisata Bali untuk Wisatawan Asing. (FOTO: ANTARA: Nyoman Hendra )

KBR, Banyuwangi- Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memperketat pemberlakukan protokol kesehatan di perbatasan Banyuwangi dan Bali, seperti di Pelabuhan Ketapang. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dari wisatawan asing, seiring mulai dibukanya kembali kunjungan wisatawan asing ke Bali.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Widji Lestariono menjelaskan, di Pelabuhan Ketapang ini, setiap penumpang kapal akan diminta untuk menunjukan sertifikat vaksinasi dosis 1 dan 2 dan surat negatif Covid-19.

 “Kita kan juga sudah dan akan terus meningkatkan kewaspadaan terutama di tempat-tempat wisata atau destinasi wisata. Ini akan terjadi penapisan mulai dari mereka dalam perjalanan tentu kalau nyembrang juga harus menunjukan PCR atau rapid tes negatif vaksinasi juga. Nanti kalau Ketika mereka masuk ke hotel pun juga akan ditanya,”ujar Widji Lestariono hari ini Jumat (15/10/2021) di Banyuwangi.

Baca juga:

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Widji Lestariono menambahkan, selain di perbatasan kabupaten Banyuwangi, pengetatan protokol kesehatan juga diberlakukan di seluruh destinasi wisata di Banyuwangi.

Setiap wisatawan diminta menunjukan bukti sertifikat vaksin, untuk wisatawan asing juga dilengkapi dengan bukti hasil tes PCR negatif Covid-19.

Pengetatan protokol kesehatan ini, merupakan tindak lanjut intruksi dari Kapolri Listyo Sigit, yang meminta agar waspada terhadap penularan Covid-19 seiring masuknya wisatawan asing ke tanah air.

Baca juga:

Kemenparekraf Menanti Inmendagri Terkait Izin Wisatawan Asing Asal 18 Negara Kunjungi Bali

Saat ini kasus aktif Covid-19 aktif di Kabupaten Banyuwangi, menunjukan tren penurunan. Sejak awal Oktober lalu, penambahan kasus aktif berada di bawah 5 orang per hari. Bahkan beberapa hari terakhir, tidak ada tambahan kasus aktif Covid-19 di Banyuwangi.

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Toilet Sehat untuk Semua, Sudahkah Terpenuhi?