Wiranto Akan Tambah Pasukan ke Wamena dan Ilaga

"Di Wamena sudah aman, di Ilaga juga kami dapat laporan sudah aman. Apalagi Jayapura, sudah sangat-sangat normal," kata Wiranto.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 09 Okt 2019 17:07 WIB

Author

Adi Ahdiat

Wiranto Akan Tambah Pasukan ke Wamena dan Ilaga

Menko Polhukam Wiranto saat tiba di Bandara Pangkalan TNI AU Papare Sentani, Jayapura, Papua, Selasa (8/10/2019). (Foto: ANTARA/Gusti Tanati)

KBR, Jakarta - Menko Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto akan menambah pasukan TNI-Polri ke Wamena dan Ilaga.

"Keamanan itu menjadi kewajiban negara, kewajiban TNI dan kewajiban Polri. Makanya saya datang ke Papua dengan membawa serta Panglima TNI dan Kapolri. Mereka nanti akan menambah pasukan keamanan di situ," kata Wiranto di Timika, seperti dilansir Antara, Rabu (9/10/2019).

Sebelum berkunjung ke Timika, Wiranto bersama rombongannya sudah mengunjungi Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya yang dilanda kerusuhan besar pada Senin lalu (23/9/2019).

"Di Wamena sudah aman, di Ilaga juga kami dapat laporan sudah aman. Apalagi Jayapura, sudah sangat-sangat normal," kata Wiranto.


Baca Juga: OPM: Sedang Ada Perang di Ilaga Papua


Pemerintah Janji Tangani Pengungsi

Selain menambah pasukan, Wiranto menegaskan bahwa pemerintah akan membangun kembali rumah warga, tempat usaha, serta fasilitas umum yang rusak dan dibakar massa saat kerusuhan.

"Recovery fisik untuk membangun ruko-ruko yang rusak, rumah-rumah yang dibakar, instalasi penting seperti PLN dan lain-lain, itu sedang dalam proses. Gubernur Papua sudah menyampaikan bahwa pemerintah daerah siap membangun ruko-ruko yang terbakar dan dirusak, begitupun rumah-rumah. Tapi untuk bangunan berskala besar (seperti Kantor Bupati Jayawijaya), kalau APBD-nya kurang maka akan meminta bantuan dari pusat," jelas Wiranto, seperti dilansir Antara, Rabu (9/10/2019).

Wiranto juga menjanjikan pemerintah akan membantu pemulihan psikologis para pengungsi yang trauma. Banyak pengungsi mengalami trauma akibat kehilangan harta benda, atau kehilangan anggota keluarga yang meninggal saat kerusuhan.

"Rata-rata mereka semua (pengungsi) mau pulang ke Wamena, tempat selama ini mereka mencari nafkah. Kami juga berharap pengungsi dari Ilaga juga sama. Nanti kalau pasukan sudah mengamankan daerah di sana, mereka bisa kembali ke Ilaga," kata Wiranto.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun