Ritel pertama JUUL Labs Indonesia di Mall Cilandak Town Square. (Foto: Friska Kalia

BERITA

Tanpa Regulasi, Rokok Elektronik Serbu Indonesia

Senin 28 Okt 2019, 19.18 WIB

KBR, Jakarta-  Koordinator Advokasi Yayasan Lentera Anak (YLA) Nahla Jovial Nisa memperlihatkan email yang diterima organisasinya. Email datang dari seorang ibu yang mengaku khawatir dan marah saat tahu anak-anak mulai pakai rokok elektronik. Berikut petikan email tersebut:  

“Sejak kecil, anak saya didik agar tidak merokok. Iapun tidak suka dengan asap rokok. Ketika melihatkanya menghisap vape, hati saya benar-benar hancur. Maka ketika saya mendengar kabar sebuah produk bernama JUUL telah diperjualbelikan di Indonesia, saya menjadi khawatir.”

“Dalam email tersebut, jelas menyebut JUUL adalah salah satunya,” kata Nahla.

JUUL adalah merk rokok elektronik yang pada September lalu resmi membuka toko di Jakarta.

“Para orang tua sudah berusaha agar anak tidak merokok konvensional, tapi ternyata dia menemukan anaknya merokok pakai rokok elektronik. Semakin kaget setelah tahu bahwa di luar negeri itu sangat dilarang, tapi di Indonesia itu ternyata bisa dibeli anak-anak,” lanjut Nahla.

Setelah menerima pengaduan lewat email itu, Yayasan Lentera Anak (YLA) langsung menggelar sosialisasi kepada anak, mulai dari lingkungan sekolah. Guru pun diberi pemahaman baru soal bahaya rokok elektronik. YLA juga mengirim surat pengaduan kepada Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).  

JUUL Pod yang dijual di ritel resmi JUUL Labs Indonesia. (Foto: Friska Kalia)

Peringatan verifikasi usia yang terletak di pintu masuk ritel JUUL di Mall Cilandak Town Square, Jakarta. (Foto: Friska Kalia)

Suasana pembukaan perdana ritel JUUL di Cilandak Town Square. (Foto: KBR)

Salah satu produk liquid atau cairan rokok elektrik yang disita Bea Cukai. (Foto: Taufik/KBR)

Salah seorang pengunjung mencoba JUUL yang dijual di Cilandak Town Square. (Foto: KBR)

<tr>

	<td>Reporter</td>


	<td>:</td>


	<td>Friska Kalia<br>
</tr>


<tr>

	<td>Editor</td>


	<td>:</td>


	<td>Citra Dyah Prastuti<br>
</tr>