Tak Terlihat Usai Ditetapkan Jadi Wakil Ketua DPR, Kemana Cak Imin?

Absennya Cak Imin dalam setiap agenda pimpinan DPR juga dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 09 Okt 2019 11:25 WIB

Author

Heru Haetami

Tak Terlihat Usai Ditetapkan Jadi Wakil Ketua DPR, Kemana Cak Imin?

Muhaimin Iskandar (paling kanan) mengikuti pengambilan sumpah pelantikan pimpinan DPR di Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

KBR, Jakarta - Usai dilantik menjadi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Selasa Oktober 2019, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin tak terlihat kemunculannya pada setiap agenda pimpinan DPR.

Saat dikonfirmasi ke Fraksi PKB di DPR, Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad mengatakan ketidakhadiran Cak Imin karena mengurus keperluan partai. Termasuk persiapan menuju pemilihan kepala daerah serentak 2020.

“Beliau masih prepare dulu untuk di DPP. Juga kan habis Muktamar, kemudian SK segala macam, persiapan menghadapi PIlkada. Karena rapat-rapat di DPP jalan terus juga kita,” kata Cucun saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (08/09/2019.

Terbaru ialah, Selasa (8/10) siang. Saat para pimpinan DPR melakukan peninjauan sarana dan prasarana di Gedung DPR. Hanya terlihat tiga wakil yang mendampingi Ketua DPR Puan Maharani.

Tak terlihatnya wakil ketua DPR pemegang koordinator bidang kesejahteraan rakyat itu dikatakan Cucun lantaran kegiatan tersebut bukan tugas yang serius sebagai pimpinan DPR.

 “Ya kan itu tidak terlalu teknis. Hanya memantau ruangan. Beliau lebih ke tugas fungsi DPR. Beliau nanti jalankan,” ujar Cucun.

Tidak aktifnya Cak Imin di legislatif juga sempat terjadi saat dirinya menjabat sebagai pimpinan MPR periode lalu. Hal itu dibuktikan dengan jarang terlihatnya Imin di parlemen.

Namun hal itu dibantah Cucun, menurutnya, tugas MPR yang tidak sesibuk DPR merupakan alasan Imin tak pernah terlihat aktif di parlemen. Ia juga memastikan peran aktif ketumnya itu akan terlihat diperiode sekarang.

“Kalau sekarang kan jelas fungsi beliau di korkesra. Pasti yang membawahi komisi-komisi bidang kesra itu akan terus dipantau dan disikapi apa nanti pointer-pointer yang harus dilakukan bersama pimpina AKD di Komisi yang dibawahi beliau,” katanya.

Absennya Cak Imin dalam setiap agenda pimpinan DPR juga dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar. Dia mengungkapkan, Cak Imin hanya hadir pada rapat paripurna dan pimpinan pertama saja.

“Di rapat pertama rapim ada. Di rapat pertama bu ketua ada. Terus dua rapat belakangan sedang ada acara di Jawa Timur atau apa gitu,” kata Indra di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (8/9/2019).

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Pancasila Merajut Keberagaman Indonesia

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11