Susunan Kabinet Sudah Lengkap, Ini Bocoran Jokowi

"Saya pastikan ada. Mungkin bisa hari yang sama dengan pelantikan, mungkin sehari setelah pelantikan. Insyaallah semua sudah kita siapkan,"

BERITA | NASIONAL

Jumat, 11 Okt 2019 12:41 WIB

Author

Dian Kurniati

Susunan Kabinet Sudah Lengkap, Ini Bocoran Jokowi

Presiden Joko Widodo menerima noken dari perwakilan siswa SD di Jayapura dan Asmat, Papua, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). (Foto: Antara/Akbar N

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo berjanji segera mengumumkan susunan kabinet pada periode kedua pemerintahannya. Jokowi mengatakan, daftar menteri pengisi kabinet akan ia umumkan paling lambat sehari setelah pelantikannya sebagai presiden, 20 Oktober 2019.

Jokowi juga membocorkan perwakilan tokoh asal Papua yang mengisi kabinetnya, setelah tahun ini ada Yohana Yembise sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Saya pastikan ada, saya pastikan ada. Nanti dilihat, sudah. Nanti. Mungkin bisa hari yang sama dengan pelantikan, mungkin sehari setelah pelantikan. Insyaallah semua sudah kita siapkan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (11/10/2019).

Jokowi mengklaim daftar kandidat menterinya sudah lengkap, sehingga tinggal menunggu waktu diumumkan. Meski tak menyebut nama, Jokowi pernah memberi sedikit petunjuk soal komposisi yang hampir seimbang antara kader partai politik dan profesional. Beberapa menteri pada kabinet saat ini juga disebut Jokowi akan bertahan untuk kabinet berikutnya.

Meski demikian, ia masih membuka ruang untuk mempertimbangkan kembali daftar menteri pada kabinetnya. Misalnya, setelah pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kamis (10/10) kemarin. 

Demokrat Siap

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan menyatakan partainya siap apabila diminta Presiden Jokowi menyiapkan kader untuk mengisi posisi di Kabinet Indonesia Kerja jilid II.
Syarief mengatakan partainya telah berpengalaman selama 10 tahun di pemerintahan.

"Partai Demokrat itu kan sudah pengalaman di pemerintahan, 10 tahun memerintah sehingga kader-kadernya juga paham apa yang diinginkan oleh rakyat. Jadi kader-kader Partai Demokrat sengat tahu pasti apa yang diinginkan rakyat. Kalau pada saatnya nanti diminta oleh Pak Presiden dan Wakil Presiden, ini kan paket, tentunya Partai Demokrat siap," kata Syarief Hasan di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan meski siap masuk kabinet, namun seluruh keputusan tetap berada di tangan Presiden Joko Widodo.

Syarief mengatakan, pemilihan pembantu Presiden di kabinet merupakan hak prerogatif Kepala Negara. Ia menyebut, Partai Demokrat sangat menghargai apapun keputusan Presiden di dalam susunan kabinetnya.

"Yang namanya hak prerogatif Presiden itu kita serahkan sepenuhnya kepada Presiden. Kita tinggal menunggu siapa yang akan dipilih membantu beliau dan di Kementerian apa. Ini kita serahkan kepada Beliau. Partai Demokrat tetap berprinsip pada hak prerogatif Presiden," ujar Syarief.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Geliat Feminis Membangun Demokrasi

Geliat Feminis Membangun Demokrasi

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13