Puan Maharani: Penentuan Komisi di DPR Terbentuk Pekan Ini

Salah satunya pembentukan Komisi bidang Hukum DPR yang harus segera dibentuk, untuk bersiap melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon tunggal Kapolri, Idham Aziz.

BERITA | NASIONAL

Senin, 28 Okt 2019 13:07 WIB

Author

Astri Septiani

Puan Maharani: Penentuan Komisi di DPR Terbentuk Pekan Ini

Ketua DPR Puan Maharani saat memimpin Rapat Paripurna ke-3 DPR Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani menyebut, penentuan komisi-komisi sebagai Alat Kelengkapan Dewan (AKD) ditargetkan selesai pada pekan ini. Penentuan komisi-komisi di DPR itu harus segera terbentuk, sehingga setiap anggota dewan dapat langsung melaksanakan tugas sesuai kewenangan komisinya. 

Puan mencontohkan, Komisi bidang Hukum DPR yang harus segera terbentuk dan bekerja, untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) kepada calon tunggal Kapolri, Idham Aziz.

"Harus dilakukan mekanisme yang ada di DPR, terkait dengan pembentukan komisi dan kemudian pengisian komisi dengan pelantikan pimpinan yang ada di komisi dan anggota-anggotanya. Setelah Rapim dan rapat konsultasi dengan pimpinan DPR, kemudian surat tersebut akan masuk ke komisi-komisi untuk melakukan fit and proper test dan pekerjaan lain-lainnya. Setelah itu, sesudah semua mekanisme dilakukan, maka insya Allah nama (calon tunggal Kapolri) yang diusulkan untuk menjabat sebagai Kapolri yang akan datang, kemudian bisa segera dilantik," kata Puan di Kompleks DPR RI (28/10/2019).

Pada kesempatan itu, Puan juga menegaskan penilaiannya, bahwa sosok calon tunggal Kapolri, Idham Aziz tidak bermasalah. Karena, kata Puan, Idham memiliki rekam jejak yang panjang selama di Kepolisian.

"Idham Aziz kan memiliki track record yang sangat panjang, jadi insya Allah tidak ada masalah," pungkasnya.

Sebelumnya, nama Idham Azis telah diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Kapolri sebelumnya, Tito Karnavian, yang mengundurkan diri karena ditunjuk menjabat Menteri Dalam Negeri di "Kabinet Indonesia Maju" periode 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo.

Editor: Fadli Gaper 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Rencana Pembentukan Komponen Cadangan Militer Tuai Polemik

Hari Pneumonia Sedunia, Mari Cegah Pneumonia pada Anak

Kabar Baru Jam 15