BERITA

Palapa Ring Sudah Beroperasi Penuh, Tarif Internet Diharapkan Jadi Satu Harga

""Saya berharap, tidak hanya ada satu harga untuk BBM seluruh Indonesia, tetapi mudah-mudahan ke depan layanan internet pun kalau bisa dibuatkan sama dengan itu, semacam satu harga.""

Resky Novianto, Adi Ahdiat

Palapa Ring Sudah Beroperasi Penuh, Tarif Internet Diharapkan Jadi Satu Harga
Peta jaringan Palapa Ring. (Gambar: www.baktikominfo.id)

KBR, Jakarta - Jaringan internet kabel optik Palapa Ring resmi beroperasi di seluruh Indonesia mulai Senin (14/10/2019).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kab. Jayawijaya, Papua, Isak Sawaki berharap infrastruktur ini bisa membuat tarif internet di Indonesia menjadi satu harga.

"Saya berharap, tidak hanya ada satu harga untuk BBM seluruh Indonesia, tetapi mudah-mudahan ke depan layanan internet pun kalau bisa dibuatkan sama dengan itu, semacam satu harga," kata Isak Sawaki di kantor Kominfo, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Isak Sawaki berharap Palapa Ring bisa meningkatkan keamanan layanan jaringan internet di Papua.

"Nanti semoga antara Kementerian Kominfo, BAKTI, dan operator yang beroperasi di Papua, supaya lebih meningkatkan sistem back up Palapa Ring dan fiber optik yang sudah dibangun pihak Telkomsel, menghindari adanya hambatan-hambatan. Terutama terkait dengan permasalahan putus kabel dan lain-lain, itu bisa diatasi secepatnya," ujar Isak.

Isak pun berharap, upaya pemeliharaan Palapa Ring bisa memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) dari Papua.

"Soal SDM, dengan apa yang selama ini sudah dibangun itu betul-betul menjadi harapan kita, tentang siapa lagi yang akan membangun saudara-saudara kita di Papua kalau tidak kita sendiri, terutama adik-adik kita yang sudah pengalaman dan punya kemampuan secara khusus berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informatika," kata Isak.

Palapa Ring merupakan infrastruktur telekomunikasi berupa kabel serat optik internet yang menjangkau seluruh Indonesia.

Palapa Ring pertama kali beroperasi di Indonesia bagian Barat dan Tengah pada tahun 2018. Untuk di Indonesia Timur, Palapa Ring baru selesai dibangun pada Agustus 2019, kemudian diresmikan Presiden Jokowi secara penuh pada 14 Oktober 2019.

Editor: Agus Luqman

  • palapa ring

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!