BERITA

Kunjungi Wamena, Jokowi Perintahkan Percepat Pemulihan Ekonomi

""Kita pengen ini juga semuanya dikerjakan cepat. Kembali semuanya normal. Ekonomi juga bergerak kembali normal.""

Arjuna Pademme

Kunjungi Wamena, Jokowi Perintahkan Percepat Pemulihan Ekonomi
Presiden Joko Widodo mengunjungi pasar pasar Wouma, Wamena yang tengah diperbaiki, Senin (28/10). (Sumber: FB Presiden)

KBR, Jayapura-   Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan kepada sejumlah kementerian terkait dan pemerintah daerah agar pemulihan perekonomian di Kota Wamena, Kabupaten Jayijaya dan sekitarnya dipercepat. Pernyataan itu dikatakan Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Wamena, Senin (28/10/2019).

Menurut Presiden Jokowi salah satu yang kini dipercepat pengerjaannya adalah Pasar Wouma Wamena yang terbakar saat terjadi demonstrasi rusuh di wilayah itu pada 23 September lalu. Pembangunan pasar Wouma ditargetkan rampung dalam dua pekan dan dapat langsung difungsikan.

"Ini pasar Wouma inikan   merupakan pasar, di mana rakyat, masyarakat menjual produk-produk pertanian yang dihasilkan masyarakat di Wamena dan sekitar Wamena, juga barang-barang logistik yang diperlukan masyarakat Wamena dan sekitarnya, sehingga ini kita diberikan prioritas, didahulukan," kata Presiden Jokowi.

Selain pembenahan pasar Wouma, Presiden Jokowi juga menyatakan telah memerintahkan agar rumah tokoh, rumah warga, dan bangunan yang dibakar saat demonstrasi rusuh, juga segera dibenahi.

"Dalam waktu dekat ini dikerjakan. Tapi swakelola sehingga juga akan cepat. Kita pengen ini juga semuanya dikerjakan cepat. Kembali semuanya normal. Ekonomi juga bergerak kembali normal. Saya kira itu yang kita harapkan di Wamena" ucapnya.

Terkait beberapa bangunan di lokasi kantor Bupati Jayawijaya yang juga terbakar saat demonstrasi rusuh lanjut Presiden, yang akan mengerjakan pembenahannya adalah Kementerian PUPR. Akan tetapi, hal tersebut bukan prioritas.

"Tapi itu nanti nomor dua, nomor tiga. Yang didahulukan hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi rakyat dulu. Tapi tetap juga dikerjakan. Yang penting cepat dikerjakan. Anggarannya dari Kementerian PU," ujarnya.

Setelah melakukan kunjungan kerja ke Wamena, Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju Kota Jayapura untuk meresmikan Jembatan Hamadi-Holtekham. Setelah itu, Presiden Jokowi dijadwalkan akan langsung melanjutkan perjalanan ke Ambon.

Baca juga:


Editor: Rony Sitanggang

  • papua merdeka
  • jokowi
  • Aktivis Papua
  • Presiden Jokowi
  • kerusuhan Papua
  • joko widodo
  • konflik papua
  • pasar wouma
  • Rusuh Wamena
  • Pengungsi Wamena

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!