Istana Siapkan Rp 1 M untuk Sewa Mobil Tamu Pelantikan Jokowi

Heru mengatakan, merek mobil Mercy dipilih karena faktor kenyamanan untuk para tamu negara. Selain itu, Istana juga tetap menyiapkan beberapa mobil cadangan untuk tamu negara.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 17 Okt 2019 13:12 WIB

Author

Dian Kurniati

Istana Siapkan Rp 1 M untuk Sewa Mobil Tamu Pelantikan Jokowi

Panglima TNI Hadi Tjahjanto saat Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden-Wapres di Monas, Jakarta, 17/10. (Foto: ANTARA/Nova Wahyudi)

KBR, Jakarta - Istana Kepresidenan siap menggelontorkan dana sekitar Rp 1 miliar untuk menyewakan mobil bagi para tamu negara yang akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo - Ma'ruf Amin, pada Minggu, 20 Oktober 2019.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan, ada 18 mobil merek Mercedes-Benz yang disewa selama empat hari, terdiri dari seri S-450 untuk kepala negara, dan R-300 untuk tamu yang selevel atau utusan.

Kata Heru, istana juga menyiapkan penjagaan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk mengawal semua tamu negara.

"Tentunya ini kendaraan yang di pasaran juga ada, cuma kelasnya adalah S-450. Keamananan nanti di-back-up Paspampres, kami sudah mempersiapkan jauh-jauh hari. Sudah setiap kali rapat pertemuan. Dan tentunya ada rangkaian. Rangkaian dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau dari Halim Perdana Kusuma itu rangkaian full selaku sebagaimana mestinya kepala negara atau utusan negara setempat," kata Heru di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (17/10/2019).

Heru mengatakan, merek mobil Mercy dipilih karena faktor kenyamanan untuk para tamu negara. Selain itu, Istana juga tetap menyiapkan beberapa mobil cadangan untuk tamu negara.

Heru menyebut, kepala negara yang mengonfirmasi hadir pada pelantikan Jokowi di antaranya dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, Filipina, dan Myanmar. Selain itu, ada Wakil Presiden China, Wakil Presiden Vietnam, Deputi Thailand, serta utusan dari Amerika Serikat, dan Laos.

Heru berujar, Presiden Jokowi diagendakan menyambut para tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta pada pagi hari, sebelum upacara pelantikan.

Istana pun merekomendasikan tamu negara menginap di hotel-hotel yang dekat dengan Dedung DPR/MPR Senayan, yang menjadi tempat upacara pelantikan, agar lebih efisien. Hotel tempat menginap tamu negara juga mendapat penjagaan ketat dari Paspampres, mulai Kamis (17/10/2019) ini. Adapun para tamu negara, dijadwalkan tiba di Jakarta, pada hari Sabtu (19/10/2019).

Editor: Fadli Gaper

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

KPK Serukan Penerapan Sertifikasi Sistem Manajemen Antisuap

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14