Grup WA Ajak STM Demo Viral, Polisi Tambah Jumlah Tersangka

"Lima ini adalah anak-anak di bawah umur, Kita tetap melakukan pendekatan melalui diversi,"

BERITA | NASIONAL

Selasa, 08 Okt 2019 07:21 WIB

Author

Kevin Candra

Grup WA Ajak STM Demo Viral,  Polisi Tambah Jumlah Tersangka

Ilustrasi

KBR, Jakarta-  Kepolisian menetapkan 12 orang tersangka provokasi demonstrasi pelajar melalui Grup WhatsApp (GWA). Juru bicara Mabes Asep Adi Saputra mengatakan, seluruh yang ditangkap merupakan admin dan kreator konten di Grup WhatsApp STM dan SMK.

Kata dia, tersangka yang masih dibawah umur akan mendapat diversi.

"Kalau kemarin sudah tujuh orang yang ditetapkan sebagai tersangka, namun kemudian karena tujuh orang ini adalah orang-orang masih berusia masih di bawah umur lalu pendekatan diversi. Perkembangan terakhirnya sampai dengan hari ini bertambah  menjadi 12. Dari tujuh menjadi 12, hari ini jadi bertambah lima. Dan ini juga lima ini adalah anak-anak di bawah umur, Kita tetap melakukan pendekatan melalui diversi," ujar Juru bicara Mabes Asep Adi Saputra di Humas Mabes Polri, Senin (07/20/2019)

Sebelumnya Kepala Subdirektorat (Kasubdit) II Direktorat Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri   Rickynaldo Chairul mengatakan satu tersangka berinisial RO terlibat sebagai kreator. Sementara enam sisanya berinisial MPS, WR, DH, KS, MAM, dan GI menjadi pengurus GWA.

RO ditangkap di Depok, Jawa Barat. Dia menjadi orang yang pertama kali membuat grup ajakan demonstrasi pelajar pada Rabu, 25 September 2019. Upaya itu melahirkan grup lainnya untuk memprovokasi pelajar turun dalam demonstrasi menolak sejumlah rancangan undang-undang (RUU). Setidaknya ada 14 grup WA STM/SMK terkait aksi yang terpantau polisi.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18