Gerindra Optimistis Rebut Kursi Ketua MPR, Golkar Lobi Gerindra

"Sampai dengan pagi ini kami optimistis Pak Muzani akan dapat kesempatan dan amanah dari anggota MPR RI untuk menjadi ketua MPR periode 2019-2024," kata Ketua Fraksi Gerindra MPR Ahmad Riza.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 03 Okt 2019 14:37 WIB

Author

Heru Haetami, Resky Novianto

Gerindra Optimistis Rebut Kursi Ketua MPR, Golkar Lobi Gerindra

Suasana sidang paripurna MPR di kompleks Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

KBR, Jakarta - Partai Gerindra ngotot menginginkan agar kursi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) diduduki partai oposisi.

Ketua Fraksi Partai Gerindra di MPR Ahmad Riza Patria mengatakan komposisi parlemen harus seimbang dengan dipimpin pihak oposisi pemerintah.

"Terlebih sudah terpilih Puan Maharani sebagai ketua DPR, sesuai undang-undang MD3 dan mewakili koalisi pemerintah. Di DPD sudah terpilih juga La Nyalla. Jadi kami harap ketua MPR bisa diberi kesempatan kepada Ahmad Muzani," kata Riza Patria di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

"Perlu kami sampaikan, kehadiran Pak Muzani diharapkan beri keseimbangan baru dalam ketatanegaraan dan sistem politik kita," sambungnya.

Ketua Fraksi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria optimistis Ahmad Muzani memenangkan kontestasi pemilihan ketua MPR.

Ahmad Muzani saat ini menjabat Sekjen Partai Gerindra periode 2015-2020. Ia pernah menjabat Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR pada 2014-2019 dan juga menjabat wakil ketua MPR sejak 2018-2019.

Riza mengklaim fraksinya sudah mengantongi dukungan dari fraksi-fraksi lain di DPR.

"Kami terus melakukan koordinasi rapat-rapat, pertemuan-pertemuan dengan semua pihak, terkait dukungan dan galangan. Sampai dengan pagi ini kami optimistis Pak Muzani akan dapat kesempatan dan amanah dari anggota MPR RI untuk menjadi ketua MPR periode 2019-2024," klaim Riza.

Saat ini mencuat dua nama yang digadang-gadang tengah bersaing menjadi kandidat calon ketua MPR. Dua nama itu yakni Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar MPR yang merupakan Ketua DPR periode 2014-2019. Selain itu muncul nama Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra.

Baca juga:


Golkar Lobi Gerindra


Di tempat lain, Ketua Fraksi Partai Golkar MPR Zainuddin Amali mengklaim mayoritas fraksi mendukung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR 2019-2024.

Zainuddin mengklaim sedikitnya enam fraksi mendukung terpilihnya Bambang Soesatyo, dalam pencalonan sebagai Ketua MPR.

"Fraksi PDIP, Nasdem, PPP sudah terbuka menyampaikan ke publik mereka mendukung calon dari Golkar. Saya kira fraksi-fraksi lain juga sudah memahami dan insyaallah akan memberikan dukungan," ucap Zainuddin Amali di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Partai Golkar masih tetap fokus melobi partai lain seperti Gerindra untuk bisa memuluskan jalan Bamsoet menjadi MPR 1.

"Kita akan berkomunikasi terus dengan Gerindra. Di luar itu fraksi PAN, PKB, Demokrat juga sudah juga menyampaikan dukungannya. Kalau bisa dilihat dari pernyataan pimpinan fraksi, itu sudah hampir semuanya memberikan dukungan pada Pak Bambang Soesatyo," tambah Zainuddin.

Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Zainuddin Amali menambahkan, partainya juga terus bergerak dan berkomunikasi dengan fraksi-fraksi yang sudah terang-terangan mendukung Bamsoet.

Menurutnya, kesolidan dukungan dari mayoritas fraksi, nantinya akan mempermudah langkah musyawarah mufakat, untuk memutuskan Bamsoet sebagai ketua MPR.

"Sejak kami mendapat penugasan dari DPP Partai Golkar untuk mencalonkan Bapak Bambang Soesatyo sebagai calon ketua MPR, kita langsung bergerak dan berkomunikasi dengan fraksi-fraksi. Fraksi-fraksi yang di luar fraksi Partai Golkar memahami, apa yang menjadi keinginan dari fraksi. Bahkan ada yang sudah terbuka menyampaikan dukungan kepada bapak Bambang Soesatyo," tambah Zainuddin.

Total anggota MPR berjumlah 711 orang. Jumlah tersebut terdiri dari :

PDIP: 128 kursi
Golkar: 85 kursi
Gerindra: 78 kursi
NasDem: 59 kursi
PKB: 58 kursi
Demokrat: 54 kursi
PKS: 50 kursi
PAN: 44 kursi
PPP: 19 kursi
Unsur DPD : 136

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18