Bursa Ketua MPR, PKS: Sudah ada Pembicaraan

"Isyarat-isyarat, lontaran-lontaran sudah ada,"

BERITA | NASIONAL

Kamis, 03 Okt 2019 15:33 WIB

Author

Heru Haetami

Bursa Ketua MPR, PKS: Sudah ada Pembicaraan

Suasana jalannya Sidang Paripurna MPR ke-2 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta-  Partai Keadilan Sejahtera mengaku belum menentukan sikap dukungan terkait pemilihan ketua MPR. Ketua Fraksi PKS Tifatul Sembiring mengatakan masih membicarakan hal ini dalam internal fraksi.

Tifatul mengatakan sudah menerima lobi-lobi dari dua fraksi yakni Golkar dan Gerindra.

"Sudah ada pembicaraan-pembicaraan, isyarat-isyarat, lontaran-lontaran sudah ada. Ya tentu lah (ada ajakan) ini politik," kata Tifatul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

Ketua Fraksi PKS Tifatul Sembiring mengatakan meski PKS salah satu partai oposisi pemerintah, namun tidak sepakat posisi ketua MPR diduduki oleh partai oposisi akan mengimbangi sistem tata negara. Menurut Tifatul, komposisi MPR yang merupakan gabungan DPR dan DPD tidak akan membuat keberadaan koalisi dan oposisi menjadi tidak berlaku.

"Perlu diketahui di MPR ini tidak setegang itu. Yang saya maksudkan, di sini ada kelompok DPD. Kelompok DPD itu besar loh," kata Tifatul.

Saat ini, tengah menguat dua nama yang digadang-gadang  bersaing menjadi kandidat calon ketua MPR. Dua nama itu yakni Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari Fraksi Partai Golkar yang juga bekas Ketua DPR periode 2014-2019. Dan juga nama Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra.

Sebelumnya Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan kecenderungan mendukung calon dari Partai Golkar, Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai Ketua MPR Periode 2019-2024. Sekretaris Fraksi PAN MPR RI, Saleh Daulay mengatakan, partainya condong memilih Bamsoet, meskipun keputusan itu belum final.

Kata Saleh, lobi-lobi politik antarpartai masih terus dilakukan, untuk menentukan Ketua MPR terpilih, sebelum rapat pengambilan keputusan di Paripurna.

"Kita punya kecenderungan kita sementara ini ke Pak Bambang Soesatyo, cuma ini kan dinamis, masih ada forum-forum lobi, masih ada pembicaraan-pembicaraan tingkat lanjut. Ya nanti kan ada forum lobi lagi, nanti di situ akan ada perkembangan lanjut. Kalau sekarang saya katakan kecenderungan, kalau kecenderungan kan belum resmi. Tetapi tentu nanti ada rapat-rapat lanjutan, yang akan memutuskan arahnya dan konsistensinya kemana," ucap Saleh Daulay di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/9/2019).


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18