Share This

Suplai Listrik Pascagempa-Tsunami Sulteng, PLN Andalkan Genset

PT PLN untuk sementara ini bakal mengandalkan mesin Generator Set atau Genset untuk menyuplai aliran listrik di daerah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

, NASIONAL

Selasa, 02 Okt 2018 23:56 WIB

Author

Heru Haetami

Suplai Listrik Pascagempa-Tsunami Sulteng, PLN Andalkan Genset

Foto aerial kawasan pantai Taipa, Palu Utara, pascagempa dan tsunami, Senin (1/10). (Foto: ANTARA/ M Adimaja)

KBR, Jakarta - PT PLN untuk sementara ini bakal mengandalkan mesin Generator Set atau Genset untuk menyuplai aliran listrik di daerah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Di antaranya di Palu dan Donggala.

Ini karena menurut Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty, perbaikan gardu induk diperkirakan memakan waktu lama. Ia menjelaskan hampir seluruh gardu listrik PLN di daerah itu rusak akibat gempa berkekuatan 7,4 skala richter pekan lalu.

Dari total tujuh gardu induk, lima di antaranya rusak.

"Ini PLN mengalami kerusakan itu instalasi, kalau kita bandingkan dari kasus Aceh, Lombok, ini yang paling fatal. Karena gardu induk kami lima kena dari tujuh. Nah ini sangat fatal," jelas Syofvi Felienty Roekman di Jakarta, Selasa (2/10/2018).

"Di Lombok nggak separah itu. Di Lombok gardu induknya aman jadi cepat recovery-nya. Nah kalau itu gardu induknya yang kena butuh waktu lama," katanya lagi.

Itu sebab untuk mengatasi kekurangan pasokan listrik maka PLN pun mengirimkan 70 genset hingga Selasa (2/10/2018) dari target total 90 buah. Sementara sisa 20 genset menurut Syofvi bakal segera dikirim menyusul. Hanya saja, ia tak merinci besaran voltase masing-masing unit.

Sembari menunggu perbaikan gardu induk, penggunaan genset difokuskan untuk aliran listrik di tempat-tempat penting seperti Rumah Sakit, Base Transceiver Station (BTS), SPBU, dan pengadaan air minum.

"Kami sekarang lagi fokus menyelamatkan, mencari yang selamat. Sekarang kita instalasinya ini kan dulu, jadi mana-mana kita tempat-tempat tertentu yang harus, rumah sakit, terus BTS, SPBU, air minum. Nah itu kami harus pasangkan genset dulu. Sementara pakai genset."

Selain penggunaan genset, PLN juga akan mendistribusikan aliran listrik dari Poso melalui Interbus Transformer (IBT) 150 kilovolt. Namun upaya ini untuk sementara masih tahap pengecekan. Jika nantinya ternyata berisiko maka PLN bakal mengirim IBT dari Jakarta.

Baca juga:





Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.