BERITA

Seorang Peselancar Meninggal Karena Amuba Pemakan Otak

Seorang Peselancar Meninggal Karena Amuba Pemakan Otak

KBR - Seorang peselancar berusia 29 tahun, Fabrizio Stabile--yang baru-baru ini mengunjungi resort Waco di Texas--meninggal karena "amuba pemakan otak". Alhasil, BSR Cable Park's Surf Resort itupun ditutup sementara. Tes dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menemukan Naegleria fowleri atau amuba langka yang sangat mematikan. Demikian dilaporkan CBS.

"CDC mengumpulkan sampel air dan saat ini sedang menyelidiki untuk menemukan sumbernya. Kami berharap mendapatkan hasil pada akhir pekan ini," kata Kelly Craine, juru bicara Distrik Kesehatan Masyarakat Kabupaten Waco-McLennan.

Pemilik resort, Stuart E. Parsons Jr. mengatakan akan terus mematuhi proses penyelidikan kematian Stabile. Peselancar itu meninggal di New Jersey awal bulan setelah jatuh sakit akibat amuba langka atau Naegleria fowleri tersebut.

Parsons mengatakan, Stabile saat itu berada di kolam ombak di taman. Pemuda itu menurutnya, seorang yang suka memancing, berselancar dan snowboarding.

"Hati dan doa kami bersama keluarga, teman-teman dan komunitas selancar New Jersey selama masa sulit ini," kata Parsons. 

Surf resort telah ditutup sembari menunggu hasil tes dari CDC, lanjut Parsons. Tidak jelas apakah taman itu tetap tutup pada Minggu pagi. CDC pun tidak segera menanggapi panggilan The Associated Press yang hendak menggali informasi, apakah orang-orang yang berkunjung terserang Naegleria fowleri.

Hanya saja CDC menjelaskan, orang-orang biasanya terinfeksi ketika mereka menyelam atau berenang di tempat-tempat air tawar yang hangat. Biasanya, orang terinfeksi ketika air yang terkontaminasi masuk melalui hidung mereka.



Editor: Nurika Manan

  • amuba
  • texas
  • peselancar
  • kesehatan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!