Share This

PLN Perkirakan 1 hingga 2 Pekan Listrik di Palu dan Donggala Normal Kembali

PT PLN memastikan pemulihan jaringan listrik di daerah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah bakal rampung satu hingga dua pekan ke depan.

BERITA , NASIONAL

Rabu, 03 Okt 2018 15:33 WIB

Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). (Foto: ANTARA/ M Hamzah)

KBR, Jakarta - PT PLN memastikan pemulihan jaringan listrik di daerah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah bakal rampung satu hingga dua pekan ke depan. Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suparteka mengungkapkan, hingga hari ini timnya telah memperbaiki satu gardu listrik. Sehingga warga dan instansi di sekitar daerah itu pun kini sudah bisa mengakses jaringan komunikasi dengan lancar. Selanjutnya, perbaikan serupa di beberapa titik lainnya juga bakal mengikuti.

Menurutnya pemuihan dilakukan bertahap dengan memperhatikan daerah yang harus diprioritaskan. Seperti perbaikan yang terlebih dulu menyasar Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Kata dia, kedua daerah tersebut merupakan pusat perekonomian dan dijadukan titik awal pendistribusian bantuan.

"Itu kan sudah terlalu besar pengaruhnya. Tentu begini, pemerintah juga punya skala prioritas itu bagaiman pemulihan kelistrikan di daerah-daerah denyut perekonomian. Terutama di jalan-jalan yang membutuhkan aktivitas ekonomi, seperti adanya toko, adanya pasar dan lain sebagainya, supaya masyarakat bisa mencari kebutuhan-kebutuhan," jelas I Made Suparteka saat dihubungi KBR, Rabu (3/10/2018).

"Diharapkan dalam seminggu, dua minggu sudah dapat diselesaikan semua," tambahnya.

Ia mengungkapkan, para teknisi untuk pemulihan jaringan listrik sudah tiba di Palu dan Donggala sejak Selasa (2/10/2018). Tim terlebih dulu memantau kestabilan listrik yang dibutuhkan. I Made Suparteka melanjutkan, ada sekitar 500 tenaga ahli dari Surabaya, Jakarta dan daerah sekitar yang membantu aliran listrik kembali masuk ke desa-desa.

"Khusus normalisasi listrik ada 500 orang, sudah sampai kemarin untuk perbaikan pembangkit, lalu nanti akan memperbaiki jaringan transmisi. Intinya kami perbaiki beberapa ruas yang dianggap central terlebih dahulu."

Selain pemulihan listrik, PLN juga bakal memulihkan jaringan telepon dan internet melalui anak perusahaannya, Icon Plus.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.