BERITA

Pemerintah Klaim Kebutuhan Listrik dan BBM di Palu Mulai Terpenuhi

Pemerintah Klaim Kebutuhan Listrik dan BBM di Palu Mulai Terpenuhi

KBR, Jakarta - Pemerintah mengklaim kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan listrik di beberapa wilayah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, mulai terpenuhi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Ego Syahrial mengatakan, beberapa mobil tangki PT Pertamina mulai tiba di Palu dan Kabupaten Donggala. Adapun soal pasokan listrik, menurutnya PLN telah mengirimkan beberapa genset berkapasitas 0,5 megawatt untuk wilayah terdampak bencana.

"Kalau kami dari ESDM kan kami menggerakkan stakeholders kami, Pertamina dan PLN, untuk memastikan listrik dan BBM terpenuhi. Saya laporkan perkembangannya bagus, dari 17 SBPU, 10 SBPU sudah aktif, listrik semakin karena genset juga sudah datang," kata Ego di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (3/10/2018). 

"Jadi secara umum, semua semakin membaik," tambahnya.

Ego mengatakan, koordinasi dengan PLN dan Pertamina berjalan baik, sehingga listrik dan BBM bisa segera tiba di Palu dan Donggala. Menurutnya, antrean pembeli BBM di berbagai SPBU pun mulai hilang.

Ia juga memastikan, pasokan listrik dan BBM akan terus didatangkan. Termasuk, ke daerah lain yang ikut terdampak, seperti Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong. Meski begitu, ia belum bisa memastikan volume BBM yang telah dikirim ke Palu dan sekitarnya.

Sejak Senin (1/10/2018), Pertamina mulai mendistribusikan 16.000 liter BBM ke Kota Palu dan Kabupaten Donggala. BBM didatangkan dari Tarakan, Toli-toli, dan Poso. Mengenai penyaluran, Pertamina juga mengerahkan tujuh mobil dispenser BBM, yang akan mendatangi masyarakat agar antrean tak menumpuk di SPBU.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/10-2018/suplai_listrik_pascagempa_tsunami_sulteng__pln_andalkan_genset/97522.html">Suplai Listrik Pascagempa-Tsunami Sulteng, PLN Andalkan Genset</a>&nbsp;</b><br>
    
    <li><span id="pastemarkerend"><b><a href="http://kbr.id/10-2018/daerah_ini_terdampak_parah_gempa_dan_tsunami_sulteng_tapi_belum_bisa_dijangkau/97521.html">Daerah Ini Terdampak Parah Gempa dan Tsunami Sulteng tapi Belum Bisa Dijangkau</a>&nbsp;</b><br>
    

Editor: Gilang Ramadhan

  • gempa dan tsunami Palu
  • Gempa Donggala
  • gempa Palu
  • pasokan BBM dan listrik
  • Kementerian ESDM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!