HEADLINE

Jokowi: Presiden Urus Utang BPJS Kesehatan Itu Kebangetan

Jokowi: Presiden Urus Utang BPJS Kesehatan Itu Kebangetan

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo  mengkritik Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris yang tak mampu penyelesaian utang dan defisit keuangan terusahaan tersebut.

Jokowi mengatakan, tidak seharusnya presiden ikut mengurusi utang BPJS Kesehatan, hingga mengucurkan dana talangan (bailout) Rp4,9 triliun. Ia pun meminta Nila dan Fachmi memikirkan strategi agar masalah keuangan BPJS Kesehatan tak terulang.

"Urusan BPJS Kesehatan ini harus kita putus, tambah Rp4,9 triliun. Ini pun masih kurang lagi: 'Pak, masih kurang'. Kok enak banget, kalau kurang minta, kalau kurang minta. Harusnya sudah rampunglah di menteri kesehatan, Dirut BPJS," kata Jokowi di depan pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) di Jakarta Convention center, Rabu (17/10/2018).

"Urusan pembayaran utang rumah sakit kok sampai presiden. Ini kebangetan. Kalau tahun depan masih diulang, kebangetan," tambah Jokowi.

Ia mengklaim sudah mencoba memahami masalah keuangan program Kartu Indonesia Sehat dan BPJS Kesehatan, termasuk utang miliaran Rupiah pada rumah sakit yang belum terbayarkan. Tapi menurut Jokowi, masalah ini selalu berulang sejak tiga tahun lalu.

Jokowi pun meminta BPJS Kesehatan memperbaiki sistem manajemen, agar klinik atau rumah sakit mendapat kepastian pembayaran atas layanan kesehatan yang diberikan pada pelanggan asuransi tersebut. Andai tahun depan masih terjadi defisit, maka Jokowi meminta masalah tersebut bisa diselesaikan sendiri oleh BPJS Kesehatan dan menteri kesehatan, tanpa perlu kucuran dana bailout.

Meski begitu, Jokowi juga meminta manajemen rumah sakit ikut mempromosikan gaya hidup sehat ke masyarakat. Kata dia, pandangan bahwa semakin tinggi kesejahteraan masyarakat berbanding lurus dengan tingkat kesehatan, tak sepenuhnya benar. Jokowi beralasan, kesejahteraan tersebut juga bisa mengubah gaya hidup menjadi tak sehat, sehingga kesehatan akan menurun.

Menurut Jokowi, gaya hidup tak sehat tersebut terlihat dari data klaim penyakit katastropik pada BPJS Kesehatan pada 2017. Misalnya, kasus penyakit jantung yang mencapai Rp9,25 triliun, kanker Rp3 triliun, gagal ginjal Rp2,25 triliun, dan stroke Rp2,25 triliun.



Editor: Nurika Manan

  • BPJS Kesehatan
  • defisit BPJS Kesehatan
  • BPJS
  • Presiden Jokowi
  • Jokowi
  • Kartu Indonesia Sehat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!