BERITA

Puluhan Gajah Liar Rusak Kebun Pisang di Tuha Lala, Pidie

Puluhan Gajah Liar Rusak Kebun Pisang di Tuha Lala, Pidie

KBR, Pidie– Kebun tanaman pisang dan pinang  seluas 100 Hektare di Desa Tuha Lala, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie, rusak diobrak-abrik kawanan gajah liar. Diperkirakan gerombolan gajah itu berjumlah  30 ekor.

Camat Mila, Jamaluddin mengatakan, kebiasaan satwa liar ini memasuki kebun masyarakat   pada malam hari saat ditinggal pergi pemiliknya. Akibatnya, petani di wilayah itu mengalami kerugian mencapai jutaan rupiah.

”Kalau siang tidak ada apa-apa, tapi kalau malam berbahaya. Mungkin saat malam itu karena yang punya lahan kebun tidak  ada lagi atau sudah pulang. Saat siang itu gajahnya sudah keluar dari kebun masyarakat, kalau malam baru masuk karena kalau ada orang penghuninya kan dihalau sama pemiliknya.   Cara tergantung masing-masing, seperti pakai bambu yang diketuk-ketuk dan segala macam,” kata Jamaluddin ketika dihubungi KBR, Rabu (11/10).

Camat menambahkan  bersama dinas dan pegiat LSM lingkungan sedang berupaya menghalau gajah liar tersebut dari kebun penduduk. Termasuk, dengan cara membakar mercon atau petasan untuk mengusir keberadaan binatang yang dilindungi itu dari areal setempat.

”Kalau petani paling usir dengan memukul kayu atau bambu, tapi karena sudah dikoordinasikan dengan dinas terkait dikirimkanlah mercon. Suara bahan peledak itu menggelegar yang menimbulkan gajah-gajah berlarian masuk kedalam hutan,” tuturnya.

Editor: Rony Sitanggang

  • gajah liar rusak kebun warga
  • Camat Mila
  • Jamaluddin

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!