BERITA

Konser Biru: Dari Perdamaian sampai Sarjana

Konser Biru: Dari Perdamaian sampai Sarjana

“Ibu saya awet muda, mungkin kalau diajak main bola (sepak) masih sanggup,” begitu kata Iwan Fals usai menyanyikan “Ibu” di rangkaian Konser Pelangi yang sudah sampai di tema Biru. Lagu ini dipersembahkan untuk Lies Suudijah, ibu kandung Iwan Fals.

 

Konser Biru tersebut dihadiri oleh ribuan OI (Orang Indonesia, sebutan untuk penggemar Iwan Fals-red) baik dari dalam maupun luar daerah. Ainu Rofiq, Sekjend Oi mengatakan, “Sekitar empat ribu sampai lima ribu orang hadir. Lagu-lagu yang disajikan juga tematik. Hari ini ada hari perdamaian dunia (lagu tentang perdamaian dunia), ada hari sarjana (lagu tentang sarjana, Sarjana Muda).”

 

Lagu pertama yang dinyanyikan seperti biasa adalah “Lagu Indonesia Raya 3 stanza”, yaitu versi asli dan lengkap dari lagu kebangsaan Indonesia. Lagu-lagu lainnya adalah lagu-lagu seperti “Sarjana Muda”, “Nyanyian Jiwa”, “Seperti Mata Dewa”, dan juga “Pesawat Tempur”. Khusus untuk lagu

 

terakhir, ada suasana unik yang terjadi ketika lagu tersebut dinyanyikan. Pada penggalan lirik, “Berilah hambamu uang,” maka semua penonton serentak melempar koin ke atas panggung layaknya drama massal.

 

Menurut Rofiq, lagu yang spesial pada hari itu adalah lagu “Nyanyian Jiwa”. Sekjend OI itu menambahkan, “Lagu Nyanyian Jiwa tuh ruarrr... biasa,” katanya bersemangat. “Semua menyanyi, semua tumpah ruah. Energi dan perasaan semua tumpah ruah sehingga anti klimaks dari konser hari ini adalah lagu “Nyanyian Jiwa”. Luar biasa.”

 

Seperti pada konser-konser sebelumnya, musisi legendaris Indonesia tersebut mengundang dua bintang tamu dan seorang MC untuk meramaikan jalannya konser. Konser pada hari itu dipandu oleh Sophie Navita Simanjuntak dan dimeriahkan oleh penyanyi solo Dira Sugandi yang pernah membantu Iwan Fals sebagai penyanyi latar.

 

Pada kesempatan itu Dira Sugandi membawakan beberapa lagu diantaranya lagu “Mata Dewa”, yang konon merupakan lagu spesial bagi ibu sang penyanyi legendaris itu. Sementara bintang tamu lainnya, Azizi [personel Band Black Out] membawakan lagu salah satunya adalah lagu “Tergila-gila”. Iwan Fals dan Azizi pernah berkolaborasi pada sebuah album Black Out.

 

Usai konser, semua penonton OI seperti biasa membersihkan arena konser dari segala macam sampah dan sejenisnya, seperti keadaan sebelum konser dilaksanakan.

 

“Alhamdulilah semuanya sudah berjalan lancar dan sekarang tinggal bersih-bersih mungutin sampah,” tutup Rofiq.

 

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • Iwan Fals
  • Konser Biru
  • Nyanyian Raya
  • Green Radio

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!