Sering Kesemutan, Pusing dan Nyeri, Segera Cek Kadar Kolesterol

Suatu hari Saya makan pizza trus makan bakso telur, trus agak pegal di pundak dan leher, setelah itu kesemutan, trus agak lemes dan pusing. Ujungnya saya sesak nafas dan dirawat di klinik

BERITA

Rabu, 23 Okt 2013 08:42 WIB

Author

Nur Azizah

Sering Kesemutan, Pusing dan Nyeri, Segera Cek Kadar Kolesterol

kolesterol, kesemutan, ciri-ciri, gejala

"Suatu hari Saya makan pizza trus makan bakso telur, trus agak pegal di pundak dan leher, setelah itu kesemutan, trus agak lemes dan pusing. Ujungnya saya sesak nafas dan dirawat di klinik. Dan saya baru tahu kolesterol saya tinggi ketika dirawat di klinik itu."kata Dika, salah satu karyawan swasta di Jakarta.
Dika tak bisa menghindar ketika berkumpul dengan temannya dan makan makanan yang mengandung lemak jahat.
 
Sekembalinya dari klinik, Dika mulai berhati hati dan mengatur jenis makanan yang dikonsumsinya.

Dokter ahli penyakit RSCM Pringgodigdo Nugroho mendefinisikan, kolesterol adalah zat yang bisa didapatkan di tubuh yang merupakan suatu bagian dari lemak yang mempunyai beberapa fungsi di tubuh. Misalnya, kata Pringgodigdo, kolesterol bisa berfungsi sebagai struktur di dinding sel sel tubuh, berfungsi terhadap pembentukan asam empedu yang berguna untuk mencerna lemak masuk melalui makanan, termasuk berperan dalam pembentukan hormon seks.

Tapi, Pringgodigdo menambahkan, jika kelebihan kolesterol jahat justru menghambat fungsi organ tubuh. Ini karena kolesterol jahat menumpuk di pembuluh darah. "Jadi kolesterol kalau jumlahnya cukup, kolesterol berfungsi baik. Tapi jika jumlahnya berlebih dia akan berada di tempat lain di pembuluh darah yang akan mengakibatkan berbagai penyakit," terang Pringgodigdo dalam perbincangan Klinik KBR68H, Selasa (22/10).

Penyempitan di pembuluh darah di jantung, kata Pringgodigdo, mengakibatkan jantung koroner. Sedangkan penyempitan pembuluh darah di otak mengakibatkan stroke. "Dan penyempitan di kaki keluhannya pasiennya nyeri nyeri kalau jalan jauh," imbunya.
Ada beberapa jenis kolesterol dalam tubuh kita. LDL, HDL, dan total kolesterol. LDL (Low Density Lipoproteins) biasa disebut sebagai kolesterol jahat. Sedangkan HDL (Low Density Lipoproteins) biasa dikenal dengan kolesterol baik.

"HDL berfungsi untuk membersihkan kolesterol jahat atau menurunkan resiko penyakit cardiovasikuler."jelasnya.

Jika kelebihan kolesterol jahat membahayakan munculnya penyakit cardiovasikuler, kekurangan kolesterol baik juga berpotensi menghambat perkembangan hormon dalam tubuh.
 
Apakah Anda sering kesemutan, pusing, nyeri di pergelangan kaki, dan pundak tegang? Jika iya, cobalah Anda cek kadar kolesterol. Ini dilakukan untuk mencegah berkembangnya penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit arteri perifier. "Keluhannya berupa nyeri nyeri kalau dipakai aktifitas, luka yang sulit sembuh."ujarnya.

"Saya ibu rumah tangga 37 th dengan 2 orang anak. Berat Badan 48kg,tinggi 158cm. Berapa batas jumlah kolesterol yang normal untuk wanita seusia saya? Saya suka olah raga volly scr rutin dan sangat suka makan sayur dan buah. Apakah saya beresiko terkena kolesterol juga?" tanya Lembang di Bengkulu.

Dokter Pringgodigdo meminta agar Lembang ngecek ke laboratorium. Untuk seusianya diharapkan total kolesterol kurang dari 200 ml/Dl. Sementara untuk LDL, menurut Pringgodigdo, diharapkan -kalau tidak ada penyakit lain- LDL kurang dari 130 dan HDL lebih dari 60 ml/Dl.

Kelebihan kolesterol jahat berpeluang menimbulkan ragam penyakit cardio, seperti jantung coroner dan stroke juga arteri perifier. Lantas, bagaimana menekan kolesterol jahat tersebut?
Caranya:

•    Kurangi asupan yang mengandung kolesterol atau lemak tinggi dengan menghindari gorengan dan produk susu
•    Ganti minyak kelapa dan minyak sawit dengan minyak zaitun
•    Ganti daging merah dengan ikan dan daging ayam tanpa kulit
•    Perbanyak konsumsi sayuran dan buah
•    Olahraga teratur; seperti lari, bersepeda, berenang, jalan kaki dengan durasi 30 hingga 40 menit selama 4 - 6 kali seminggu.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal