BERITA

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

"Trimester pertama bagi ibu hamil merupakan masa yang rentan bagi pertumbuhan si calon bayi. Di situ akan diuji masa untuk bayi dapat tumbuh dan berkembang. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah makanan. Sementara banyak mitos-mitos seputar makanan"

Eric Permana

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
makanan sehat, ibu hamil

KBR68H, Jakarta - Trimester pertama bagi ibu hamil merupakan masa yang rentan bagi pertumbuhan si calon bayi. Di situ akan diuji masa untuk bayi dapat tumbuh dan berkembang. Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah makanan. Sementara banyak mitos-mitos seputar makanan yang wajib atau bahkan dilarang dikonsumsi ibu hamil muda. 


Ahli Gizi Rumah Sakit Umum Universitas Kristen Indonesia Leane Manurung mengatakan untuk mengetahui apa saja makanan makanan yang sehat untuk ibu hamil muda,  harus dilihat terlebih dahulu usia ibu, usia janin, dan status gizi sang ibu. Ini guna mengetahui seberapa perlu gizi yang akan diberikan kepada ibu yang hamil muda. 


“Kita harus melihat secara individual ibu yang hamil muda itu apakah  dalam status gizi yang normal, berat badan kurang atau lebih? Tentunya dari situ kita mulai membuat si ibu kembali ke status gizi yang baik dan normal, kelebihan dan kekurangan kita harus perbaiki,” ujar Leanne saat berbincang di Program Klinik KBR68H. 


Dokter Leane juga menyarankan ibu hamil untuk menghindari makanan cepat saji terlalu banyak. Sebab, makanan ini akan menyebabkan berat badan menjadi cepat naik. Kelebihan berat badan akan menyebabkan tenaga ibu saat melahirkan akan berkurang.  


Namun, dia tidak melarang jika mengonsumsi makanan cepat saji tidak terlalu sering. “Saya sih minta Ibu hamil untuk makan seperti biasa saja tidak apa-apa asal jangan berlebihan,” Kata Leane.


Hal ini sama seperti yang dialami Niti seorang Karyawan Swasta berumur hampir 40 tahun yang tengah mengandung anak keduanya. Saat ini usia kehamilannya mencapai 4,5 bulan. Niti mengatakan diirnya seringkali makan-makanan cepat saji karena bawaan si bayi. 


Selain itu, dia mengakui bahwa dirinya sangat malas jika ingin mengonsumsi buah-buahan. Meski sering mengonsumsi makanan cepat saji berat badannya tidak naik.


Menanggapi hal itu, Dokter Leane mengingatkan untuk tidak berlebihan jika mengonsumsi apa pun saat hamil. Pada trimester pertama, memang berat badan tidak akan naik ataupun turun. Namun, kata dia pada trimester berikutnya, berat badan akan naik jika berlebihan dalam mengonsumsi makanan. 


“Secara alamiah memang keinginan untuk makan bertambah namun, hal itu bisa dihindari,” Ujar Leane.


Kata Dokter Leane, ibu  hamil jalani saja pola makan normal namun, dia menyarankan agar mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan makanan berserat agar agar sistem pencernaan lancar. Menurut dia, ibu hamil agak terganggu sistem pencernaannya, karena adanya tekanan dari besarnya janin yang dikandung ibu sehingga organ di dalam tubuh terganggu.


Menurut Leane Manurung, mengonsumsi susu khusus ibu hamil tidak berpengaruh signifikan terhadap kesehatan kandungan. Menurut dia, susu khusus untuk ibu hamil hanya memberikan sedikit sekali keuntungan untuk ibu hamil. Sementara untuk suplemen dan herbal, dirinya tidak menganjurkan kepada ibu hamil. Dia meminta ibu untuk mengonsumsi makanan normal sayuran dan makanan serat.


Editor: Antonius Eko 


  • makanan sehat
  • ibu hamil

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!