Belajar Sejarah Bisa Lewat Gadget

Pekan ini kita memperingati salah satu peristiwa penting yang mengubah jalannya sejarah bangsa kita.

Jumat, 04 Okt 2013 13:04 WIB

Author

Evilin Falanta

Belajar Sejarah Bisa Lewat Gadget

gadget, sejarah, Historia, Asep Kambali

Pekan ini kita memperingati salah satu peristiwa penting yang mengubah jalannya sejarah bangsa kita. Peristiwa itu adalah Gerakan 30 September. G30S merupakan peristiwa pembunuhan enam perwira tinggi militer Indonesia yang terjadi pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Pasca peristiwa ini, banyak yang bilang politik Indonesia saat itu berubah deh. Dan, pssst, yang terjadi pada masa lalu itu juga menentukan apa yang terjadi saat ini loh. Makanya, peristiwa masa lalu macam ini nih, perlu banget di pelajari agar kita tahu nih. Mau tahu alasan lain kenapa sejarah itu penting kita pelajari? Pecinta Sejarah Indonesia, Kak Asep Kambali akan menjawab pertanyaan kita nih. Yuk kita simak Bincang Kita, bersama Kak Evilin Falanta dan Kak Asep Kambali. 


Kak Asep perlu enggak sih anak muda sekarang mengenali sejarah bangsa kita?
Dengan kita mengenali sejarah dan budaya bangsa itu kita akan tumbuh nasionalisme. Kita akan tumbuh kecintaan terhadap bangsa. Nah, kesadaran bangsa adalah awal dari ketahanan mental, tetapi dasarnya adalah kenal. Kita sering mendengar tentu tak kenal maka tak sayang. Nah, maknanya apa? Semakin kita mengenali bangsa ini tentu kita akan semakin mencintai bangsa ini.  Nama-nama pahlawan, nama-nama peristiwa, dan nama-nama semua yang berhubungan dengan sejarah sebenarnya itu harus diketahui oleh kalian anak-anak muda. Kenapa? Karena itu akan menjadi trigger, jadi pijakan buat mereka agar mereka bisa berdiri lebih kokoh, lebih kuat sehingga sebagai bangsa kita akan lebih hebat. Sekarang begini, kita sering dengar dong istilah bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghargai sejarah dan para pahlawannya. Enggak usah jauh-jauh ini ditanya adik-adik siapa yang tahu arti Indonesia? Kalian cinta kan? jawabnya cinta. Cinta itu dasarnya kenal loh, tapi apa kalian tahu arti Indonesia? Enggak! Siapa yang kasih nama? Enggak tahu juga. Kapan? Eh, enggak tahu juga.


Terus bagaimana sih Kak cara belajar sejarah yang mudah biar anak muda juga enggak bosan ?
Belajar sekarang tuh bukan lagi dari pendidikan sekolah, itu cuma pembodohan massal karena yang dikejar hanya nilai kuantitatif. Yang harusnya kalian pelajari secara kualitas adalah lewat gadget. Gadget ini sumber ilmu pengetahuan sekarang. Ini jadi guru mereka, yang menjadikan mereka gila, yang menjadikan mereka hebat itu dimulai dari sini gitu. Makanya saya berpikir, dan berharap kepada mereka bahwa yang mereka harus bangun adalah kesadaran untuk mau belajar mengenali Indonesia melalui sejarah. Caranya, ya lewat gadget.


Pesan apa yang ingin disampaikan pada anak remaja sekarang supaya mereka cinta budaya Indonesia dan berminat terhadap sejarah?
Ya, adik-adik kalian adalah generasi penerus bangsa. Di Indonesia ini lahir per hari 10.000 bayi di tahun 2012, bayangkan kalian akan punya adik lagi, dan setiap hari akan muncul anak-anak muda, yang jika mereka tidak diberikan kesadaran sejarah atau tidak mendapatkan pendidikan sejarah, nasionalisme, maka itulah yang akan menghancurkan Indonesia. Teruslah share dan berbagi bisa berupa pengetahuan yang kita miliki, khususnya pengetahuan sejarah tentunya. Pendidikan itu utama, tapi tentu kesadaran sejarah juga menjadi penting.
Asep Kambali, 33 tahun adalah Pendiri Komunitas Historia atau pecinta sejarah. Lewat Komunitas Historia, ia mengajak masyarakat, khususnya anak-anak muda sekarang untuk mengenal beragam sejarah Indonesia dengan cara yang unik. Salah satunya dengan membuat tur keliling Kota Jakarta untuk melihat berbagai museum.

Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN