covid-19

4 Prajurit Tewas di Maybrat, Ini Perintah Pangdam Kasuari

"Yang mengakibatkan anggota kami empat orang gugur, kemudian dua orang lainnya luka bacok, dan lima orang dalam keadaan aman dan selamat." Pangdam Kasuari.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 03 Sep 2021 11:12 WIB

Pangdam Kasuari I Nyoman Cantiasa, konpers penyerangan di Maybrat di Manokwari, Papua Barat, Kamis (

Pangdam Kasuari I Nyoman Cantiasa, konpers penyerangan di Maybrat di Manokwari, Papua Barat, Kamis (2/9/2021). (Antara/Hans A Kapisa)

KBR, Jayapura- Panglima Kodam (Pangdam) XVIII Kasuari, Nyoman Cantiasa memerintahkan prajuritnya mengejar kelompok penyerang Pos Koramil persiapan Kisor,  Kabupaten Maybrat Papua Barat.  

Kata Pangdam Kasuari, Pos Koramil persiapan Kisor diserang sekelompok orang, Kamis dini hari (2/9/2021). Aksi itu menyebabkan empat prajurit TNI tewas, dua orang mengalami luka bacok, dan orang lainnya selamat.

Kata dia, kelompok penyerang diduga kelompok bersenjata  di sana.

Pangdam Kasuari memerintahkan Danrem 181 PVT Sorong, selaku Komandan komando pelaksana operasi mengajar dan menangkap kelompok pelaku, apapun kondisinya.

"Telah terjadi penyerangan terhadap Pos Koramil persiapan Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat. Yang diduga dilakukan kelompok KST atau Kelompok Separatis Teroris, dengan menggunakan senjata tajam, parang ya. Yang mengakibatkan anggota kami empat orang gugur, kemudian dua orang lainnya luka bacok, dan lima orang dalam keadaan aman dan selamat. Saya telah memerintahkan melakukan pengejaran terhadap pelaku," kata Nyoman Cantiasa, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Dua Pekerja di Yahukimo Diduga Dibunuh dan Dibakar KKB

Ia mengatakan, keterangan prajurit TNI yang selamat dari penyerangan itu, kelompok pelaku berkisar lebih dari 30 orang.

Menurut Pangdam Kasuari, selama ini hubungan antara anggota TNI di Pos Koramil persiapan Kisor dengan warga sekitar cukup baik. Tidak ada potensi gangguan teritorial di sana.

Empat  anggota TNI yang meninggal  yakni Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari, dan komandan pos Lettu Chb Dirman.
Dua personel yang mengalami luka bacok yaitu Sertu Juliano dan Pratu Ikbal, sudah dievakuasi untuk menjalani perawatan di RS Maybrat.

Baca juga: Situasi Mulai Kondusif, Bupati Instruksikan ASN Kembali ke Intan Jaya

Sebelumnya pada 10 Mei 2021, kendaraan rombongan Kapolres Maybrat, Papua Barat, Bernadus Okoka ditembak tiga kali oleh OTK, sepulang membagikan kebutuhan pokok kepada warga di sana. Kapolres Maybrat ketika itu didampingi anggota Polres Maybrat, dan personel Brimob. Tidak ada korban dalam insiden tersebut.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Layanan Identitas Kependudukan bagi Kelompok Transpuan

Kabar Baru Jam 8

Seruan untuk Lindungi Nakes di Daerah Rawan

Kabar Baru Jam 10