Ribuan Mahasiswa Demo DPR, Tolak Pengesahan RUU Bermasalah

Mahasiswa pendemo datang dari berbagai kampus

BERITA | NASIONAL

Senin, 23 Sep 2019 16:16 WIB

Author

Heru Haetami

Ribuan Mahasiswa Demo DPR, Tolak Pengesahan RUU Bermasalah

Ribuan mahasiswa penuhi depan gedung DPR menolak pengesehan RUU KUHP, KPK, dan lainnya pada Senin (23/09). (Foto: KBR/Heru)

KBR, Jakarta- Ribuan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia melakukan aksi demonstrasi menolak pengesahan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana atau RKUHP. Massa yang merupakan gabungan dari Badan Eksekutif Mahasiswa seluruh Indonesia ini menyuarakan penolakan terhadap sejumlah rancangan Undang_undang di halaman gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Senayan, Jakarta.

Selain penolakan untuk disahkan RKUHP mereka juga menolak beberapa rancangan undang-undang yang dinilai bermasalah dan berpotensi akan mengkriminalisasi masyarakat.

Beberapa RUU yang mereka minta untuk dibatalkan pengesahannya yakni RUU Pertanahan, RUU Pemasyarakatan, dan RUU Minerba.

Selain itu, Mahasiswa juga menuntut pemerintah dan DPR mencabut pengesahan Revisi Undang-undang no 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi.

Editor: Rony Sitanggang
 
 
 
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Perlindungan Hukum untuk Para Pembela HAM Masih Lemah