Podcast Alat Belajar yang Lebih Menyenangkan dari Buku?

"Podcast adalah alat pembelajaran yang lebih menarik untuk mereka."

BERITA | INTERMEZZO

Selasa, 24 Sep 2019 17:32 WIB

Author

Adi Ahdiat

Podcast Alat Belajar yang Lebih Menyenangkan dari Buku?

Ilustrasi. (Foto: www.publicdomainpictures.net)

KBR, Jakarta- Selain menjadi sarana hiburan, podcast atau konten digital berformat audio juga bisa jadi alat bantu belajar bahasa asing.

Hal ini dijelaskan sejumlah peneliti dari Universitas Sriwijaya, yaitu Utri Fitria, Machdalena Vianty, dan Ismail Petrus.

Dalam laporan riset berjudul Using Podcast to Improve Student's Listening and Speaking Achievement (2015), mereka mengklaim podcast adalah alat efektif untuk belajar bahasa Inggris, bahkan lebih efektif dari buku.

"Ada perbedaan pencapaian yang signifikan antara siswa yang belajar bahasa Inggris menggunakan podcast, dan mereka yang tidak," kata Utri dkk (2015) dalam laporan risetnya.


Penelitian di Kalangan Remaja

Utri dkk (2015) melakukan "eksperimen podcast" kepada murid-murid Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang tahun pelajaran 2014-2015.

Tim peneliti menerapkan metode belajar bahasa Inggris lewat podcast di sebuah kelas, selama dua setengah bulan.

Puluhan murid di kelas tersebut kemudian dites, diwawancarai, dan dibandingkan dengan murid dari kelas lain yang proses belajarnya hanya menggunakan buku.

Dan hasilnya, meski dua kelas tersebut diajar guru bahasa Inggris yang sama, "kelas podcast" ternyata menunjukkan kemajuan rata-rata lebih pesat dibanding "kelas buku".

"Berdasar hasil analisis kuesioner, ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan peningkatan kemampuan murid dalam mendengar dan bicara bahasa Inggris. Yang pertama, podcast adalah alat pembelajaran yang lebih menarik untuk mereka," jelas Utri dkk (2015) dalam laporan risetnya.


Podcast Lebih Menyenangkan dari Buku

Menurut Utri dkk (2015), murid-murid di "kelas podcast" lebih termotivasi berlatih bahasa Inggris karena mereka merasa bisa belajar secara menyenangkan.

Perasaan senang dan motivasi macam itu tidak ditemukan di kelas yang hanya belajar menggunakan buku.

Menurut Utri dkk (2015), murid-murid di "kelas podcast" juga lebih termotivasi karena dalam proses belajarnya mereka diajak bersentuhan dengan teknologi.

Tim peneliti pun mencatat, dalam eksperimen pengajaran bahasa Inggris ini, podcast yang durasinya 5 menit lebih efektif dibanding podcast berdurasi panjang.

Editor: Sindu Dharmawan

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun