Patuhi Aturan, PB Djarum Ganti Nama Audisi Bulu Tangkis

PB Djarum akan mengganti nama "Audisi Umum Beasiswa PB Djarum" menjadi "Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis".

BERITA | NASIONAL

Kamis, 12 Sep 2019 16:53 WIB

Author

Adi Ahdiat

Patuhi Aturan, PB Djarum Ganti Nama Audisi Bulu Tangkis

Anak-anak peserta Audisi Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum 2019 di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (8/9/2019). Logo Djarum sudah dihapus dari kaus para peserta audisi. (Foto: ANTARA/Idhad Zakaria)

KBR, Jakarta- Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Djarum sepakat mencabut penggunaan logo, merek dan brand image rokok Djarum dari berbagai atribut program pembinaan atlet bulu tangkis mereka. 

Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis (12/9/2019) 

Pertemuan yang digelar di kantor Kemenpora tersebut, dihadiri Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), dan Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Djarum.

PB Djarum menyatakan akan mengganti nama program tersebut dari "Audisi Umum Beasiswa PB Djarum" menjadi "Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis".

Dalam pertemuan tersebut, KPAI juga sepakat mencabut surat permintaan pemberhentian Audisi Bulu Tangkis PB Djarum.  

Namun, PB Djarum belum memberi kepastian apakah acara audisi ini akan terus dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya atau tidak. 

Baca Juga: KPAI: Audisi Badminton 'Yes', Promosi Rokok 'No'

Penggantian nama ini dilakukan setelah PB Djarum mendapat kritik dari KPAI dan Yayasan Lentera Anak (YLA), terkait penggunaan logo Djarum di kaus anak-anak peserta audisi bulu tangkis.

KPAI dan YLA menilai praktik tersebut menyalahi Peraturan Pemerintah (PP) No. 109 tahun 2012 tentang pengendalian promosi rokok.

Masalah ini sempat menimbulkan polemik di masyarakat. PB Djarum sempat dituduh mengeksploitasi anak dan dicap abai terhadap perlindungan anak dari bahaya rokok. KPAI juga sempat dituding tidak mendukung program pengembangan atlet bulu tangkis di Indonesia.

Namun, dengan ditandatanganinya kesepakatan antara KPAI dan PB Djarum hari ini, Kamis (12/9/2019), berbagai polemik tersebut dinyatakan selesai. 

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Polisi Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Beraksi Sendiri

Pemulihan Gambut Pasca Kebakaran

Kabar Baru Jam 15

Soal Portal Aduan ASN Radikal