Luasnya Jagat Podcast, dari Cerita Hantu Sampai Misi Luar Angkasa

Tidak semua podcast berisi cerita keseharian. Ada juga podcast berisi kisah langka, yang mungkin tak akan pernah kita jumpai seumur hidup.

BERITA | INTERMEZZO

Kamis, 26 Sep 2019 15:42 WIB

Author

Adi Ahdiat

Luasnya Jagat Podcast, dari Cerita Hantu Sampai Misi Luar Angkasa

Ilustrasi. (Gambar: Pixabay/PIRO4D)

KBR, Jakarta- Jagat podcast berisi kisah manusia yang amat banyak dan beragam. Tapi di Indonesia, nampaknya kisah yang paling banyak diminati adalah horor.

Menurut data Chartable, platform analisis tren podcast global, pada Kamis (26/9/2019) podcast yang paling banyak didengar di Indonesia adalah Do You See What I See.

Do You See What I See adalah podcast berisi kumpulan cerita hantu, horor, atau pengalaman mistis yang diklaim sebagai kisah nyata.

Setelah itu, peringkat kedua terpopuler adalah Unfaedah Podcast by Lawless Jakarta yang mendeskripsikan dirinya sebagai, "Podcast tanpa faedah tentang apapun yang ingin kami bicarakan."

Artinya, selain horor, kisah soal kehidupan sehari-hari dan obrolan santai juga sangat diminati pendengar podcast Indonesia.


Podcast dari Luar Angkasa

Jika mengacu ke tren yang sedang berkembang, podcast memang paling banyak digunakan sebagai sarana hiburan.

Tapi, di luar yang populer itu, sesungguhnya ada banyak juga konten kreator yang memanfaatkan podcast untuk berbagi kisah inspirasi, informasi, bahkan untuk merekam sejarah. Salah satu contohnya bisa didengar di podcast buatan NASA, lembaga antariksa Amerika Serikat (AS).

Kalau umumnya podcast populer hanya berisi cerita keseharian atau lawakan, podcast NASA justru menyajikan kisah langka yang mungkin tak akan pernah kita jumpai seumur hidup.

Di sebuah episode berjudul From the Seas to the Stars misalnya, podcast NASA mengangkat kisah seorang peneliti biologi kelautan yang akan diberangkatkan ke luar angkasa.

"Hari ini kita akan bicara dengan Jessica Meir. Dia adalah astronot AS, dan di bulan September 2019 ini ia akan meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kita akan bicara soal pelatihannya sebagai astronot NASA, termasuk soal latihan hidup di bawah laut selama beberapa hari yang sudah ia jalani," jelas NASA di situs resminya.

Di episode lain berjudul Space Tourism and Commercialization, podcast NASA berkisah tentang rencana mereka membuka bisnis antariksa.

"Pada 7 Juni 2019 NASA mengumumkan misi baru untuk membuka Stasiun Luar Angkasa Internasional bagi kepentingan komersial. Artinya, akan ada bisnis-bisnis baru yang dilakukan di luar angkasa, seperti produksi barang, kegiatan pemasaran, atau berwisata ke luar angkasa," sebut NASA.

Dan pada akhirnya, kisah-kisah para astronot itu hanya sebuah titik kecil dari luasnya jagat podcast, yang berisi kisah hidup ribuan manusia dengan berbagai suka-dukanya.

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Geliat Perkembangan Industri Fintech di Indonesia

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Arah Kebijakan Ekonomi Kabinet Baru Jokowi