Kemenhub Uji Beban Tol Jakarta-Cikampek Elevated II

Kemenhub bersama stakeholder terkait, terus menganalisis kendaraan apa saja yang dapat melintasi tol layang tersebut, selain dari kendaraan pribadi.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 25 Sep 2019 17:05 WIB

Author

Resky Novianto

Kemenhub Uji Beban Tol Jakarta-Cikampek Elevated II

Petugas melakukan persiapan uji beban tol Jakarta-Cikampek Elevated II di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Foto: Antara/Fakhri Hermansyah)

KBR, Jakarta - Kementerian Perhubungan mengevaluasi dan mengidentifikasi jenis kendaraan yang dapat melintasi jalan tol layang Jakarta-Cikampek elevated II.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan mengatakan, Kemenhub bersama stakeholder terkait, terus menganalisis kendaraan apa saja yang dapat melintasi tol layang tersebut, selain dari kendaraan pribadi.

Hengki mengatakan, Kementerian Perhubungan juga terus berkoordinasi dengan operator, untuk menguji coba keamanan dan keselamatan, sebelum dioperasikan akhir Desember mendatang.  

"Nanti di Nataru, Natal dan tahun baru, Japek itu bisa dioperasionalkan, pertama pengecekan apakah siap secara fisik maupun sisi keselamatan dan keamanan. Bahwa di elevated, ketinggian enam meter, dan memang angin disitu cukup kencang, sehingga nanti mungkin Pak Menteri akan melakukan evaluasi terhadap kendaraan-kendaraan yang akan boleh melalui itu," ucap Hengki Angkasawan kepada KBR, Rabu (25/9/2019).

Hengki Angkasawan menambahkan, tol layang akan menjadi solusi atas kemacetan parah yang setiap harinya kerap terjadi, terutama saat akhir pekan dan liburan panjang.

"Jadi targetnya Pak Menteri itu kalau dari Jakarta ke Bandung tidak sampai 3 jam. Sehingga konsen kita, pembagian ruas akan dievaluasi dan dikaji. Saat ini kan sedang dilakukan uji fungsi, jadi sekarang pihak kontraktor sedang melakukan ujicoba, nanti setelah ujicoba kelihatan nanti terkait dengan kekuatan kalau terjadi insiden gimana evakuasi yang bisa dilakukan," ujar Hengki.

Data PT Jasa Marga menyebut, perkembangan pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II (elevated) saat ini mencapai 96,5 persen.

Tol tersebut berada di ruas jalan tol dari Cikunir hingga Karawang Barat dengan total panjang jalan 36,4 kilometer.


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Perlindungan Hukum untuk Para Pembela HAM Masih Lemah