Share This

Penelitian: Yoghurt Organik Pun Mengandung Banyak Gula

Penelitian menunjukan yoghurt pencuci mulut mengandung gula terbanyak dengan rata-rata 16,4 g per 100 g. Golongan yang mengandung gula rendah memiliki kadar gula tidak lebih dari 5g per 100g.

BERITA

Rabu, 19 Sep 2018 09:06 WIB

Foto: Getty Images

KBR - Sebuah penelitian terbaru menunjukan, banyak yoghurt yang ternyata mengandung gula tinggi. Bahkan beberapa jenis yoghurt memiliki kadar gula lebih tinggi dari Coca-Cola.

Penelitian ini menyasar hampir 900 yoghurt yang dijual di supermarket Inggris. Yoghurt itu kebanyakan dijajakan di jaringan lima supermarket besar di Inggris pada 2016.

Penelitian ini dilakukan tidak lama setelah peluncuran program pengurangan gula di Inggris. Survei dilakukan karena pejabat kesehatan pemerintah mendorong produsen untuk mengurangi jumlah gula yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Banyak mengonsumsi gula bisa beresiko terkena berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, kanker pankreas, penyakit jantung, hingga tekanan darah tinggi dan asam urat.

Dilansir dari BBC (19/9/2018), penelitian menunjukan yoghurt pencuci mulut mengandung gula terbanyak dengan rata-rata 16,4 gram per 100 g. Bandingkan dengan kandungan gula di minuman Coca-Cola sebesar 10,6 gram per 100 mililiter.
Beberapa produk yang tidak mengandung yoghurt, seperti chocolate mousse dan creme karamel juga mengandung gula terbanyak.

Bahkan yoghurt yang memiliki label organik pun memiliki kadar gula tinggi kedua, dengan 13.1 gram per 100 g. Sedangkan Yoghurt anak-anak biasanya berisi 10.8 gram gula per 100 g, atau setara dengan lebih dari dua gula batu.

Penelitian dimotori para ahli dari Universitas Surrey dan Universitas Leeds.

Pusat layanan kesehatan Inggris (National Health Services/NHS) merekomendasikan anak-anak usia empat hingga enam tahun tidak mengonsumsi gula lebih dari 19 gram, atau lima gula batu per hari. Sedangkan anak usia tujuh hingga 10 tahun dianjurkan mengonsumsi kurang dari 24 gram gula perhari.

Temuan ini juga menunjukan yoghurt organik termasuk jenis yoghurt yang paling manis. Hanya yogurt alami dan yoghurt ala Yunani yang bisa digolongkan sebagi yoghurt rendah gula.

Peneliti menyarankan agar masyarakat tidak terlena karena berpikir bahwa yoghurt merupakan produk makanan sehat.

Golongan yang mengandung gula rendah memiliki kadar gula tidak lebih dari 5 gram per 100g.

Hanya 9 persen dari produk yang disurvei berada di bawah ambang batas ini.

Sejak penelitian dilakukan pada akhir 2016, berbagai upaya telah dibuat untuk mengurangi konsumsi gula dari yoghurt.

Berikuit ini jenis yoghurt beserta kandungan gula yang dilansir dari BBC.com:
  • Yoghurt pencuci mulut: 16,4g per 100g
  • Yoghurt organik - 13,1g per 100g
  • Yoghurt dengan rasa-rasa - 12g per 100g
  • Yoghurt buah - 11,9g per 100g
  • Yoghurt khusus anak - 10.8g per 100g
  • Yoghurt pengganti susu - 9.2g per 100g
  • Yoghurt minuman - 9,1g per 100g
  • Yoghurt alami dan Yunani - 5g per 100g

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.