HEADLINE

Polisi Grebek Pabrik Penghasil Ratusan Ribu Pil PCC di Purwokerto

Polisi Grebek Pabrik Penghasil Ratusan Ribu Pil PCC di Purwokerto

KBR, Banyumas– Direktorat Tindak Pidana Narkotika Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia dan Kepolisian Banyumas menggerebek ruko di Jalan Raya Baturaden No. 182 dan 184, Kelurahan Pabuaran Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Selasa (19/9/2017) . Tempat itu diduga dijadikan pabrik pembuatan pil PCC.  Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, John Turman Panjaitan mengatakan tim tiba sekira pukul 13.30 WIB dan langsung menggerebek dua ruko tersebut. Dalam penggerebekan itu, petugas menyita bukti berupa 2 drum pil PCC, 1 drum pil Zenit, 9 drum bahan baku untuk membuat pil PCC, 1 unit mesin produksi, dan 2 buah oven pencetak pil.

 

John mengungkap, pabrik di Purwokerto itu diduga bisa memproduksi ratusan ribu pil PCC dalam semalam. Bahan-bahan pembuatan pil PCC berasal dari Cimahi. Sedangkan Purwokerto dijadikan sebagai tempat produksi. Kemudian, pengemasan dan distribusi dilakukan di Surabaya.


“Direktorat Tindak Pidana Narkotika bersama tim Polres, Gabungan, sejak kemarin kita sudah melakukan upaya pengungkapan pabrik yang berada di Purwokerto ini. Ini adalah merupakan pabrik yang dapat menghasilkan ratusan ribu dalam semalam. Mesinnya cukup besar, dan alat pengeringnya ada 60. Yang dalam semalam mungkin dapat mengeringkan  open, dengan jumlah sekitar ratusan ribu butir,” kata John Turman Panjaitan, Selasa (19/09/2017).

Baca:   Polisi Grebek Gudang di Surabaya, Sita 1,2 Juta Pil PCC 


Lebih lanjut John Turman mengatakan pil PCC yang diproduksi di Purwokerto itu dikirim ke Surabaya untuk dikemas dan dan diedarkan dari Surabaya. Dari pengungkapan kasus di Surabaya itu, dikembangkan sampai ditemukan tempat produksi ratusan ribu pil PCC yang disita di Surabaya.

 

Soal persebaran pil PCC selanjutnya dari Surabaya, John menyebut masih dalam pengembangan.

 

Dalam penggerebekan di Purwokerto, polisi menangkap terduga pemilik mesin pembuat pil PCC berinisial BP, warga Bandung.Dia menambahkan, pabrik itu baru pindah ke ruko baru ini. Sebelumnya, diduga pabrik PCC menggunakan bangunan yang menyaru sebagai bengkel. Diduga, pil PCC sudah diproduksi selama 6 bulan di Purwokerto. Diduga kuat, pabrik ini telah menghasilkan jutaan pil PCC.

Editor: Rony Sitanggang

  • Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri
  • John Turman Panjaitan
  • pil PCC

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!